STRATEGI PROGRAM TALK SHOW MEDIKA NATURA DI JAK TV DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN DENGAN PROGRAM SEJENIS

SUSENO, AGI (2011) STRATEGI PROGRAM TALK SHOW MEDIKA NATURA DI JAK TV DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN DENGAN PROGRAM SEJENIS. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (19kB) | Preview
[img] Text (Bab 1)
Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB)
[img] Text (Bab 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)
[img] Text (Bab 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37kB)
[img] Text (Bab 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text (Bab 5)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18kB)
[img] Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14kB)

Abstract

Strategi dalam program acara televisi sangat penting sebagai senjata untuk berperang melawan ketatnya persaingan dunia pertelevisian, baik nasional, maupun lokal. JAK TV merupakan salah satu stasiun televisi lokal Jakarta, memiliki program acara talkshow Medika Natura, yang merupakan leader pada program sejenis, yaitu program talkshow kesehatan. Menjamurnya program kesehatan di stasiun televisi, membuat peneliti merumuskan mengenai Bagaimana Strategi Program Talkshow Medika Natura Di JAK TV Dalam Menghadapi Persaingan Dengan Program sejenis?. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui seperti apa strategi program talkshow Medika Natura selaku leader program kesehatan, melawan persaingan ketat program sejenis. Metode yang digunakan adalah studi kasus dengan melakukan indepth interview narasumber yang telah ditentukan, dan bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dengan melakukan indepth interview, penulis dapat mengetahui lebih dalam dan jelas strategi apa yang digunakan program Medika Natura. Teori yang digunakan adalah teori berfikir sebagai pemirsa, pengelola harus bisa meyakinkan pemirasa dan iklan, menganggap waktu siaran sangat penting, berkompetisi merebut perhatian pemirsa, serta berfikir secara lokal, yang diartikan menjadi subjek penelitian. Subyek penelitian ini adalah ide tujuan program, daya tarik program, metode penyajian format, spesifikasi audiens, elemen keberhasilan, biaya produksi, jam tayang, performance, dan promosi yang dilakukan program Medika Natura. Setelah memperoleh hasil dari penelitian, peneliti dapat mengolah data dan hasilnya program Medika Natura tidaklah memiliki strategi yang berarti, look dan konsep yang tidak banyak berubah dari awal penayangan hingga saat ini. Namun program Medika Natura memiliki viewers setia yang selau menyaksikan program Medika Natura tersebut. Dengan hasil animo telepon interaktif, banyaknya permintaan klien, dan penuhnya jadwal acara Medika Natura hingga akhir tahun 2011. Hal tersebut menjadi indikator program Medika Natura, memiliki strategi yang baik dalam melakukan persaingan dengan program sejenis.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 11 102
Call Number: SK/41/11/029
NIM/NIDN Creators: 44106010147
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 06 Apr 2011 10:21
Last Modified: 02 Jul 2025 06:40
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/19691

Actions (login required)

View Item View Item