STRATEGI TIM KREATIF “PLANET REMAJA“ DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSINYA DI ANTV (PERIODE 2010)

IRAWATI, IRAWATI (2010) STRATEGI TIM KREATIF “PLANET REMAJA“ DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSINYA DI ANTV (PERIODE 2010). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
cover.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (19kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB)
[img] Text (BAB II)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB)
[img] Text (BAB III)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB)
[img] Text (BAB IV)
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB)
[img] Text (BAB V)
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)

Abstract

Dunia penyiaran saat ini sangat kompetitif, para pekerja profesional berjuang menghasilkan karya-karya yang berkualitas, termasuk didalamnya jenis program yang bergenre magazine show, yang memiliki daya tarik tersendiri bagi penonton. Saat ini banyak program-program magazine show yang berlomba-lomba untuk menghasilkan karya yang terbaik meski dengan penonton yang segmented, untuk itulah disini penulis ingin membahas strategi program dengan genre magazine show khususnya untuk segmen remaja yaitu “Planet Remaja“. Strategi hakikatnya adalah adalah perencanaan (planning) dan menajemen (management) untuk mencapai satu tujuan. Akan tetapi, untuk mencapai tujuan tersebut, strategi tidak berfungsi sebagai peta jalan yang hanya menunjukkan arah saja, melainkan harus mampu menunjukkan bagaimana taktik, operasionalnya. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi tim kreatif dalam mempertahankan eksistensinya selama kurang lebih dalam kurun waktu 15 (lima belas) tahun, memiliki rating & share tertinggi untuk genre magazine show remaja periode 2010, dan memiliki revenue yang baik bagi perusahaan dalam iklan di commercial break maupun build in di body program. Tim kreatif adalah para penulis skenario, konseptor, pengembang program dan bagian riset acara televisi dalam sebuah tim. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, karena mencoba menggambarkan dan tidak menguji hipotesis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara yang mendalam, observasi serta dokumen pendukung, dalam hal ini narasumber yang berkaitan dengan strategi tim kreatif Planet Remaja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melakukan perubahan format & konten, menampilkan bintang tamu yang familiar, melakukan kerjasama dengan pihak luar, aktif dalam mendekatkan program kepenonton, memberikan informasi yang aktual, ’melek’ terhadap tren, memberikan variasi tayangan vt, mengganti host secara berkala, menambahkan semangat kompetisi antar sekolah, melakukan perubahan dalam look program, dan terus menerus melakukan promosi program.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 10 052
Call Number: SK/41/11/035
NIM/NIDN Creators: 44105110013
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 06 Apr 2011 10:50
Last Modified: 21 May 2025 07:25
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/19670

Actions (login required)

View Item View Item