STRATEGI PRODUKSI TAYANGAN INVESTIGASI TELISIK DI ANTV (PERIODE JANUARI - FEBRUARI 2010)

SYAHRI, MOCHAMMAD (2011) STRATEGI PRODUKSI TAYANGAN INVESTIGASI TELISIK DI ANTV (PERIODE JANUARI - FEBRUARI 2010). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (741kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (27kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (42kB)
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img] Text (BAB III)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB)
[img] Text (BAB IV)
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[img] Text (BAB V)
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16kB)

Abstract

Televisi Memiliki peranan yang cukup penting dalam perkembangan ekonomi rakyat yang adil. Karena televisi berfungsi sebagai sarana informasi, pendidikan dan kebudayaan. Televisi dapat menjadi sumber kontrol dan pengawasan lembaga-lembaga publik atauy sosial dalam menjalankan tugas. Selanjutnya pihak stasiun televisi harus mampu menyajikan tayangan investigasi yang jujur dan berkualitas untuk kepentingan pembangunan karakter bangsa serta aparat yang berlaku adil demi perlindungan konsumen yang membutuhkan suatu proses kegiatan sehari-harinya. Hal inilah, yang menjadi latar belakang program tayangan investigasi Telisik. Strategi telisik yaitu bagaimana caranya menerapkan strategi yang dilakukan tim liputan Telisik sehingga program ini mendapatkan tempat yang tebaik dihati pemirsanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi apa yang diterapkan oleh program tayangan investigasi Telisik dan periode yang digunakan adalah bulan Januari-Februari 2010. Srtategi program televisi diperlukan agar setiap program yang ditayangkan mencapi hasil yang optimal. Pada penelitian ini strategi yang digunakan adalah strategi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan terlebih dahulu dengan menggunakan kegiatan orang lain, melalui tahap perencanaan (Planning), Pengorganisasian (Organizing), Pergerakan (Actuating) dan Pengawasan (Controlling). Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif, dengan pendekatan kualitatif dengan memberikan gambaran atau penjabaran tentang kondisi emperis. Objek penelitian berdasarkan karakteristik yang dimiliki. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam (Indepth interview), bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penelitian dengan melakukan wawancara mendalam dengan beberapa narasumber dari tim produksi liputan Telisik. Hasil penelitiannya adalah tayangan investigasi, menggunakan strategi memperluas jaringan audience atau pemirsanya dan strategi pendahuluan kuat (strong lead-in) dalam menayangkannya investigasi telisik. Beberapa target tercapai seperti target audience. Kesimpulannya strategi yang diterapkan oleh telisik adalah strategi memperluas jaringan audience atau pemirsanya dan menekankan kepada penajaman sasaran pria dan wanita dewasa. Sarannya adalah telisik harus dapat menampilkan topik-topik liputan yang berkualitas menjadi kontroversi di masyarakat sehingga program ini menjadi tetap menarik.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 11 051
Call Number: SK/41/11/040
NIM/NIDN Creators: 44105010003
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 06 Apr 2011 11:05
Last Modified: 22 Jul 2025 03:14
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/19666

Actions (login required)

View Item View Item