KOMUNIKASI INSTRUKSIONAL DALAM MENGAJAR MELALUI KONSEP DWI BAHASA

ANGGRAENI, IRMA (2011) KOMUNIKASI INSTRUKSIONAL DALAM MENGAJAR MELALUI KONSEP DWI BAHASA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (45kB) | Preview
[img] Text (Bab 1)
Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] Text (Bab 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB)
[img] Text (Bab 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[img] Text (Bab 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB)
[img] Text (Bab 5)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[img] Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (969kB)

Abstract

Sekolah Bertaraf Internasional (SBI) telah diluncurkan oleh Depdiknas sejak beberapa tahun terakhir. Ketertinggalan diberbagai bidang dalam era globalisasi menyebabkan pemerintah terdorong untuk memacu diri memiliki standar internasional. Sektor pendidikan termasuk yang didorong untuk memiliki standar internasional. Hal tersebut tercantum di dalam UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas pasal 50 ayat (3) yang berbunyi, “Pemerintah dan/atau pemerintah daerah menyelenggarakan sekurangkurangnya satu satuan pendidikan pada semua jenjang pendidikan, untuk dikembangkan menjadi satuan pendidikan yang bertaraf internasional“. Mengingat pentingnya penyampaian yang akan diterapkan di sekolah,maka diperlukan adanya strategi komunikasi instruksional dalam proses mengajar dengan menggunakan metode bilingual. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi, teori komunikasi pendidikan dan komunikasi instruksional. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan melalui wawancara mendalam dengan tiga narasumber yang terlibat langsung dalam pelaksanaan penerapan strategi komunikasi dalam mengajar. Hasil dari penelitian ini menjabarkan bahwa keberhasilan strategi komunikasi instruksional terletak pada kemampuan pengajar dalam mengaplikasikan materi pada aktivitas kelas dengan menggunakan strategi pendekatan Content Based dan Task Based Instruction. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan komunikasi instruksional dalam kegiatan mengajar melalui metode Content Based dan Task Based Instruction dengan menggunakan dwi bahasa (Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris) dapat meningkatkan kualitas siswa dalam memahami pelajaran matematika dan sains bagi siswa kelas 1 di Sekolah Dasar Swasta Mentari Citra Tangerang. Saran yang dapat diterapkan dari penelitian ini adalah dengan meningkatkan kemampuan berkomunikasi pada pengajar dapat mempengaruhi tingkat keberhasilan penyampaian informasi secara efektif dalam proses mengajar.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 11 182
Call Number: SK/42/11/003
NIM/NIDN Creators: 44206110088
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 06 Apr 2011 11:36
Last Modified: 15 Sep 2025 02:11
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/19663

Actions (login required)

View Item View Item