TAMBUNAN, IRMA YUNIATI (2011) PELAKSANAAN EVENT "GREBEK PASAR" SEBAGAI BAGIAN CORPORATE COMMUNICATIONS PT X. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (COVER)
COVER lu.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
44208110081 AbstraksI.pdf Download (27kB) | Preview |
|
![]() |
Text (Bab 1)
Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (43kB) |
|
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (155kB) |
|
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (67kB) |
|
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (190kB) |
|
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (34kB) |
|
![]() |
Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (23kB) |
Abstract
Adanya perkembangan zaman yang semakin pesat membuat kegiatan bisnis berjalan semakin ketat, perusahaan baru juga banyak bermunculan dimana bidang kerja mereka serupa satu sama lain. Hal tersebut membuat masyarakat bingung membedakan identitas perusahaan satu dengan yang lain. Untuk dapat membedakannya dilakukan dengan mengkomunikasikan identitas perusahaan melalui kegiatan corporate communications. Adapun sarana pengkomunikasian identitas perusahaan dilakukan dengan cara melaksanakan event “Grebek Pasar”. Event ini merupakan event PR yang bertujuan untuk memperkenalkan identitas perusahaan sehingga masyarakat/khalayak PT X mengenal dan semakin memahami akan identitas dan keberadaan perusahaan. Namun yang menjadi masalah adalah apakah event “Grebek Pasar” yang dilaksanakan tersebut efektif atau tidak dalam memperkenalkan corporate identity? Melalui penelitian ini, akan diketahui efektivitas event “Grebek Pasar” sebagai bagian corporate communications PT X. Event adalah pengalaman, pengelolaan acara yang baik akan memberikan pengalaman dan kesan yang baik kepada orang yang menghadirinya. Event juga merupakan hal yang cukup penting dalam aktivitas / kegiatan PR dalam proses publikasi hingga menciptakan citra positif melalui proses komunikasi dua arah. Melalui event, perusahaan dapat mengkomunikasikan identitas perusahaan agar keberadaan perusahaan semakin diketahui oleh khalayaknya. Adapun tinjauan pustaka yang digunakan adalah komunikasi, public relations, efektivitas, event dan corporate communications. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan secara kuantitatif melalui survei dengan menyebarkan kuesioner kepada 95 orang pedagang di Pasar Anyar, Bogor-Jawa Barat dengan menggunakan teknik accidental sampling. Jumlah sampling tersebut mewakili 1831 orang populasi para pedagang yang berada di Pasar Anyar, Jawa Barat. Hasil penelitian pelaksanaan event “Grebek Pasar” sebagai bagian corporate communications PT X ini dinilai berhasil/efektif dalam hal produk/jasa yang ditawarkan semakin dikenal masyarakat, informasi yang diberikan sudah cukup jelas dan melalui event “Grebek Pasar”, masyarakat telah terpersuasi agar mereka dapat mengubah sikap dan pendapat masyarakat dan dapat memanfaatkan jasa/pelayanan dari PT X.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/PR. 11 104 |
Call Number: | SK/42/11/094 |
NIM/NIDN Creators: | 44208110081 |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 04 Aug 2011 15:20 |
Last Modified: | 17 Sep 2025 06:37 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/19520 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |