TAHAPAN HUMAS KEMENTERIAN ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL DALAM MEMBENTUK OPINI PUBLIK TENTANG PEMBATASAN BBM BERSUBSIDI

JAYA, KUSUMA (2011) TAHAPAN HUMAS KEMENTERIAN ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL DALAM MEMBENTUK OPINI PUBLIK TENTANG PEMBATASAN BBM BERSUBSIDI. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. Hal Cover.pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (31kB) | Preview
[img] Text (Bab 1)
Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[img] Text (Bab 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text (Bab 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)
[img] Text (Bab 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[img] Text (Bab 5)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. Hal Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Subsidi BBM yang selama ini diberikan oleh pemerintah yang bertujuan untuk membantu masyarakat kurang mampu ternyata tidak tepat sasaran hal ini terbukti dengan riset yang dilakukan oleh Kemeterian Energi dan Sumber Daya Mineral tahun 2010. Penulis tertarik untuk meneliti bagaimana tahapan yang dilakukan Humas Kementerian ESDM untuk membentuk opini publik tentang pembatasan BBM bersubsidi. Stragtegi Humas adalah rencana jangka panjang untuk menyusun berbagai rencana teknis dan langkah komunikasi yang akan diambil dalam kegiatan kehumasan. Ronald D Smith , bahwa ada 4 face yang di dalamnya terdapat 9 step yang dapat digunakan untuk menyusun strategi kehumasan. Dalam penelitian ini, penelitian menggunakan penelitian desktiptif kualitatif dengan metode penelitian study kasus. Penelitian juga mencoba mengacu pada teori strategi Humas milik Ronald D Smith yang menurut peneliti sangat penting dan dapat diterapkan dalam penelitian ini. Sedangkan untuk teknik analisis data pada penelitian ini, peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian dengan menganalisis data primer dan data skunder dapat diketahui bahwa Strategi Humas yang dibuat oleh Ronald D Smith juga dibuat dalam strategi Humas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral dalam mensukseskan rancana pembatasan BBM bersubsidi. Pada face pertama pihak Kementerian ESDM telah melakukan formating riset sebelum memulai suatu kegiatan, face kedua strategi, Kemennterian ESDM melakukan perencanaan strategi yang bersifat sosialisasi. Face ketiga Taktik, taktik yang digunakan untuk mesukseskan strategi yang dibuang masih banyak yang belum efektif dijalankan. Face terakhir Evaluasi, pada tahap ini Kementerian ESDM hanya mengevaluasi sebatas kegiatan yang sudah dilaksanakan sampai saat ini, dikarenakan rencana kebijakan ini belum sempat disahkan oleh pemerintah. Dari penjelasan berikut dapat ditarik disimpulkan bahwa tahapan Kementerian ESDM hanya sebatas sosialisasi dikarenakan belum terealisasika kebijakan ini dan taktik yang digunakan masih jauh dari efektif

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 11 080
Call Number: SK/42/11/087
NIM/NIDN Creators: 44207010053
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 04 Aug 2011 11:12
Last Modified: 31 May 2025 03:34
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/19513

Actions (login required)

View Item View Item