Mitologi Moralitas Dalam Iklan ( Analisis Semiotika Roland Barthes pada Iklan M-150 Versi Hero )

Prasetio, Dony Agung (2011) Mitologi Moralitas Dalam Iklan ( Analisis Semiotika Roland Barthes pada Iklan M-150 Versi Hero ). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (263kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB)
[img] Text (BAB II)
03 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text (BAB III)
04 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[img] Text (BAB IV)
05 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB)
[img] Text (BAB V)
06 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (79kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)

Abstract

Kemajuan teknologi yang terus berkembang tentunya juga akan membawa sebuah perkembangan bagi tatanan kehidupan di masyarakat, dan semakin beragam pula kebutuhankebutuhan yang diperlukan bagi masyarakat, dan bermacam cara pun digunakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat tersebut. Sehingga bermunculanlah bermacam-macam produk guna memenuhi kebutuhan hidup. Agar memperlancar proses pengenalan produk, maka dilakukanlah sebuah cara untuk memberikan informasi mengenai sebuah produk atau yang disebut juga dengan beriklan. Saat ini iklan merupakan bagian yang tak terpisahkan dari masyarakat. Sehingga banyak iklan yang mencoba mengadopsi permasalahan-permasalahan yang terjadi di masyarakat, sehingga dengan pengadopsian tersebut terbentuklah sebuah daya tarik dari iklan. Namun secara tidak langsung daya tarik iklan dapat membentuk sebuah mitos dimasyarakat. Mitos disini bukanlah sebuah kepercayaan yang berbau mistis, namun lebih kepada kepercayaan yang ditanam oleh pengiklan, yang merujuk pada pandangan Roland Barthes. Sebagaimana dalam pandangan Roland Barthes mitos merupakan kepercayaan-kepercayaan yang tertanam dalam pikiran masyarakat yang mempunyai sifat ketidakbenaran yang signifikan. Mitos pada umumnya memberikan gambaran yang salah atas sebuah fenomena. Pada penelitian ini yang berjudul Mitologi Moralitas Pada Iklan M-150 versi “hero” Analisis Semiotika Roland Barthes, yang menggunakan sisi moralitas sebagai daya tarik iklan. Memberikan gambaran bentuk nilai moral seperti kejujuran, keberanian, ketaatan, kedisplinan, dan penghormatan. Sajian iklan yang dihadirkan, tidak memperlihatkan adanya hubungan antara pesan-pesan yang disampaikan dengan produk yang ditawarkan. Melalui analisis dengan menggunakan teori dua tatanan pertandaan dari Roland Barthes peneliti melihat mitos mengenai produk minuman yang menjadi landasan terbentuknya sikap moralitas yang baik. Namun secara tersamarkan mitos ini membawa ideologi kapitalisme.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/VC. 11 017
Call Number: SK/43/11/019
NIM/NIDN Creators: 44305010011
Uncontrolled Keywords: Namun Secara tersamarkan mitos ini membawa ideologi kapitalisme.
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 390 Customs of People/Adat Istiadat dan Kebiasaan Masyarakat Berdasarkan Status Ekonomi dan Kelas Sosial > 398 Folklore/Cerita Rakyat > 398.2 Folk Literature, Fairy Tales, Myth, Mythology/Cerita Rakyat, Dongeng, Mitos, Mitologi
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 15 Apr 2011 15:54
Last Modified: 16 Jan 2025 06:52
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/19291

Actions (login required)

View Item View Item