EFEK KOGNITIF DAN AFEKTIF FILM “SANG PENCERAH” TERHADAP SISWA/I SMU MUHAMMADIYAH 24 GROGOL JAKARTA BARAT

HANDAYANI, RENNY (2011) EFEK KOGNITIF DAN AFEKTIF FILM “SANG PENCERAH” TERHADAP SISWA/I SMU MUHAMMADIYAH 24 GROGOL JAKARTA BARAT. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
01. Hal Cover.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02. ABSTRAKSI.pdf

Download (15kB) | Preview
[img] Text (Bab 1)
Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB)
[img] Text (Bab 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB)
[img] Text (Bab 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB)
[img] Text (Bab 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[img] Text (Bab 5)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7kB)
[img] Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB)

Abstract

Media massa sebagai sarana komunikasi massa yang secara efektif dapat mempengaruhi khalayaknya. Film diciptakan melalui proses pemikiran dan pertimbangkan tentang nilai-nilai normatif yang dianut masyarakat, suatu hal yang wajar sebagai pertanggung jawaban bagi kemanusiaan dan kehidupan. Peneliti memilih film Sang Pencerah sebagai objek penelitian karena kebanyakan rumah produksi hanya memproduksi film yang bertema horror dan cinta. Hal ini yang dapat menimbulkan efek negatif bagi khalayak, khususnya remaja. Dengan berkembangnya film yang memberikan pengaruh negatif tersebut. Rumah produksi Multivision Plus berhasil menggebrak film yang bergenre drama religie. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek kognitif dan afektif khalayak di SMU Muhammadiyah 24 Grogol Jakarta mengenai film Sang Pencerah. Efek kognitif merupakan efek yang timbul pada komunikan yang menyebabkan mereka tahu terhadap segala sesuatu sedangkan efek afektif berhubungan dengan sikap yang yang terjadi perubahan pada emosi atau perasaannya. Teori dalam penelitian ini yaitu teori Stimulus - Respons karena peneliti menganggap teori ini yang sangat relevan dengan penelitian ini. Sebab tayangan film diyakini penulis mempunyai suatu efek terhadap khalayaknya. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner terhadap SMU Muhammadiyah yang telah menonton film Sang Pencerah. Dalam penelitian ini jumlah sampel sebanyak 51 responden. Hasil penelitian mengenai analisis data responden menunjukan bahwa responden menilai positif efek kognitif maupun efek afektif dari film Sang Pencerah, hal ini terlihat dari akumulasi efek kognitif, dimana 91 % menilai positif, 6 % netral, dan 3 % negatif. Sedangkan pada efek afektif 84 % menilai positif, 11 % netral, dan 5 % negatif. Selain itu responden juga setuju film bertema religi diputar lagi di bioskop.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 11 161
Call Number: SK/41/11/067
NIM/NIDN Creators: 44105010046
Uncontrolled Keywords: Efek Kognitif dan Afektif Film
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 15 Jun 2011 11:29
Last Modified: 28 Jun 2025 06:05
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/19041

Actions (login required)

View Item View Item