EFEK PENGGUNAAN SITUS JEJARING SOSIAL FACEBOOK TERHADAP KECENDERUNGAN PERILAKU SOSIAL MAHASISWA JURUSAN BROADCASTING UNIVERSITAS MERCU BUANA ANGKATAN 2009

HENRIAN, VINCENTIUS REYMON (2011) EFEK PENGGUNAAN SITUS JEJARING SOSIAL FACEBOOK TERHADAP KECENDERUNGAN PERILAKU SOSIAL MAHASISWA JURUSAN BROADCASTING UNIVERSITAS MERCU BUANA ANGKATAN 2009. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. Hal cover.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2.Abstraksi.pdf

Download (128kB) | Preview
[img] Text (Bab 1)
Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[img] Text (Bab 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[img] Text (Bab 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] Text (Bab 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[img] Text (Bab 5)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)
[img] Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (20kB)

Abstract

Banyak media dan teknologi untuk berkomunikasi telah ditemukan, salah satunya adalah internet yg menyediakan fasilitas seperti blog atau sarana jejaringan sosial seperti Friendster, Facebook dan lain-lain. Facebook adalah situs web jaringan sosial atau pertemanan yang saat ini sedang digandrungi berbagai kalangan. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana efek penggunaan dari situs jejaring sosial Facebook terhadap kecenderungan perilaku sosial mahasiswa jurusan Broadcasting Universitas Mercu Buana angkatan 2009. Sedangkan tujuan penelitiannya adalah untuk mengetahui efek penggunaan dari situs jejaring sosial Facebook terhadap kecenderungan perilaku sosial mahasiswa jurusan Broadcasting Universitas Mercu Buana angkatan 2009. Tinjauan pustaka pada konsep penelitian yang digunakan mengacu pada Teori Uses and Gratification (kegunaan dan kepuasan) yang dikenalkan pada tahun 1974 oleh Herbert Blumer dan Elihu Katz dalam bukunya The Uses on Mass Communications : Current Perspective on Gratification Research. Yang mengatakan bahwa pengguna media memainkan peran aktif untuk memilih menggunakan media tersebut dalam proses komunikasi yang meliputi media cetak, elektronik, dan Cyber Space. Metode penelitian yang digunakan menggunakan metode survey dengan tipe penelitian deskriptif dan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memperoleh data atau informasi dengan melakukan populasi dan sampel kepada mahasiswa Universitas Mercu Buana angkatan 2009. Responden menginterpretasikan jawabannya dengan baik pada kecenderungan peranan, yakni lebih memilih lebih pro sosial (87.4%), tidak menutup diri dalam pergaulan (95.8%) dan tidak merasa Facebook dapat menimbulkan kepopuleran (53.5%) ; pada kecenderungan sosiometrik, yakni lebih suka berteman melalui dunia nyata (53.5%) ; pada ekspresi, lebih spontan melakukan hal-hal yang tak terduga (46.5%) dan notifikasi yang masuk membuat suasana hati berubah-ubah (52.1%).

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 11 114
Call Number: SK/41/11/068
NIM/NIDN Creators: 4410401-050
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 22 Jun 2011 15:06
Last Modified: 02 Jul 2025 06:18
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/19037

Actions (login required)

View Item View Item