FITRIANTO, RAHMAT HARRY (2011) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI (STUDI PADA UNIVERSITAS MERCU BUANA). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (COVER)
1. Halaman Cover.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (23kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
2. Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (38kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
3. Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (61kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
4. Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (108kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
5. Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (221kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
6. Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (22kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. Halaman Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (976kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris apakah masingmasing unsur kecerdasan emosional mahasiswa akuntansi berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi dan bagaimana pengaruhnya secara keseluruhan. Variabel bebas (independen) yang dalam penelitian ini kecerdasan emosional diukur meliputi: unsur pengenalan diri (kesadaran diri), unsur pengendalian diri (pengaturan diri), unsur motivasi, unsur empati, dan unsur ketrampilan sosial. Sedangkan variabel terikat (dependen) yaitu tingkat pemahaman akuntansi diukur berdasarkan nilai rata-rata dari total nilai bobot mata kuliah inti akuntansi, yaitu: PA I, PA II, Intermediate I, Intermediate II, Aklan I, Aklan II, dan TA. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa tingkat akhir Fakultas Ekonomi Jurusan S1 Akuntansi reguler angkatan 2007 Universitas Mercu Buana yang berjumlah 109 mahasiswa. Sedangkan sampel yang diambil sebanyak 86 mahasiswa dengan menggunakan rumus Slovin. Data diperoleh melalui kuesioner dengan skala Likert dengan komposisi 5 (lima), yang diadopsi dari Melandy dan Aziza (2006). Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa unsur kecerdasan emosional yang mempunyai pengaruh positif terhadap tingkat pemahaman akuntansi adalah pengenalan diri (0,002), pengendalian diri (0,003), empati (0,011), dan keterampilan sosial (0,012). Sedangkan pengaruh negatif ditunjukkan oleh unsur motivasi (–0,014). Nilai Adjusted R2 diperoleh sebesar 0,030, yang berarti hanya 3% tingkat pemahaman akuntansi dipengaruhi oleh variabel pengenalan diri (kesadaran diri), pengendalian diri (pengaturan diri), motivasi, empati, dan ketrampilan sosial. Kelima unsur kecerdasan emosional secara statistik tidak berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Kata Kunci : Kecerdasan emosional (EQ), tingkat pemahaman akuntansi, pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, empati, dan keterampilan sosial.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FE/AK. 11 225 |
Call Number: | SE/32/11/179 |
NIM/NIDN Creators: | 43207010093 |
Uncontrolled Keywords: | Kecedasan Emosional (EQ) Tingkat Pemahaman Akuntansi. |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 28 Jun 2011 14:50 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 07:05 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/18994 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |