PRIANDITO, AJIE (2011) PERSEPSI SISWA – SISWI KELAS 4-6 SD NEGERI 12 TANGERANG TERHADAP TAYANGAN SERIAL KARTUN ANIMASI UPIN, IPIN DAN KAWAN – KAWAN DI MNC TV. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (596kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf Download (46kB) | Preview |
|
![]() |
Text (Bab 1)
Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (65kB) |
|
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (182kB) |
|
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (90kB) |
|
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (138kB) |
|
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (17kB) |
|
![]() |
Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (24kB) |
Abstract
Banyaknya kebutuhan akan tontonan yang menghibur dan edukasi menyebabkan industri pertelevisian semakin kompetitif dalam menyajikan program-program unggulannya . Salah satu program ungulan yang disajikan adalah program hiburan anak, salah satu program hiburan anak yaitu serial kartun/animasi. Salah satu program serial kartun/animasi yang menghibur dan syarat akan edukasi adalah kartun/animasi Upin, Ipin dan Kawan - Kawan di MNC TV. Program kartun/animasi ini banyak disukai anak-anak bahkan remaja dan orang tua sekalipun. Terbukti berhasil mencapai posisi 1 dengan 16,6 % audience share pada April 2005. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi Siswa – Siswi Kelas 4 – 6 SD Negeri 12 Tangerang terhadap Tayangan Serial Kartun Animasi Upin, Ipin dan Kawan – Kawan di MNC TV. Teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah Teori Stimulus – Organism – Response (SO-R) dimana peneliti menelaah melalui perhatian, penafsiran, dan pengetahuan guna mendapatkan response. Persepsi adalah pengalaman tentang objek, peristiwa, atau hubungan – hubungan yang diperoleh dengan menyimpulkan informasi dan menafsirkan pesan. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Penelitian Survei kepada Siswa – Siswi Kelas 4 – 6 SD Negeri 12 Tangerang. Dimana peneliti mengumpulkan data secara primer yaitu menyebarkan kuisioner kepada responden yang dilakukan pada tanggal 6 - 8 Agustus 2010 sebanyak 166 responden yang diolah mengunakan teknik total sampling. Dari data identitas responden diketahui bahwa seluruh responden menonton serial kartun/animasi Upin, Ipin dan Kawan – Kawan di MNC TV. Dari hasil ketiga tahap tersebut, peneliti kemudian mengolahnya dan pada akhirnya diperoleh hasil bahwa mayoritas responden pada penelitian ini, yaitu dari total responden 166 orang, sebanyak 97 responden atau 58% menyatakan bahwa Persepsi Siswa – Siswi Kelas 4 – 6 SD Negeri 12 Tangerang terhadap tayangan serial kartun/animasi Upin, Ipin dan Kawan – Kawan di MNC TV adalah SANGAT POSITIF dengan interval nilai 63 - 75.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/BRD. 11 107 |
Call Number: | SK/41/11/075 |
NIM/NIDN Creators: | 44105010191 |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 20 Jul 2011 12:21 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 06:30 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/18913 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |