MOTIVASI SISWA/I SMK NEGERI 3 TANGERANG JURUSAN TATA BOGA DALAM MENONTON TAYANGAN FOODY WITH RUDY DI ANTV

SHOLIHAH, LILI (2011) MOTIVASI SISWA/I SMK NEGERI 3 TANGERANG JURUSAN TATA BOGA DALAM MENONTON TAYANGAN FOODY WITH RUDY DI ANTV. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. HAL COVER.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (35kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB)
[img] Text (BAB II)
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB)
[img] Text (BAB III)
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[img] Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[img] Text (BAB V)
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. HAL DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (746kB)

Abstract

Perkembangan media informasi khusunya televisi, membuat dunia semakin hari semakin dekat saja. Hal tersebut muncul dan berkembang seiring dengan besarnya manfaat komunikasi yang di dapatkan oleh manusia. Media televisi telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari peradaban kehidupan manusia. Ketika kita menginginkan informasi kita dapat menonton berita di televisi. Saat ingin memperoleh hiburan maka televisi selalu dapat menyajikan tayangan- tayangan yang menarik. Itu merupakan suatu kebutuhan dan kepentingan masing- masing individu untuk menggunakan suatu media. Motivasi adalah suatu dorongan psikologis yang mengarahkan seseorang kearah suatu tujuan. Konsep yang digunakan pada penelitian ini, adalah menggunakan tipologi motivasi Denis McQuail, yang terdiri dari empat dimensi yaitu: informasi, identitas pribadi, interaksi sosial dan hiburan. Teori yang diguanakan adalah Uses and Gratifications. Teori ini membahas tentang kegunaan media massa dan kebutuhan khalayak pada media massa. Permasalahan disini adalah bukan bagaimana media massa mengubah sikap khalayak tapi bagaimana media memenuhi kebutuhan pribadi dan kebutuhan sosial khalayak. Jadi pendekatannya ada pada khalayak yang aktif menggunakan media untuk mencapai tujuannya yang spesifik. Sifat penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, menggunakan metode survey, dari jumlah populasi siswa/i kelas 1 dan 2 SMK Negeri 3 Tangerang jurusan tata boga yang berjumlah 200 orang. Teknik penarikan sampel dengan cara purposive sampling, mereka yang pernah menonton tayangan Foody With Rudy sebanyak 60 orang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dimensi informasi mendapatkan mean keseluruhan paling tinggi sebesar 4,38. Dan dimensi hiburan mendapatkan mean keseluruhan paling rendah sebesar 3,66. Nilai mean tertinggi terdapat pada fungsi identitas pribadi sebesar 4,6 bahwa siswa/I ingin menambah pengetahuan memasak tidak hanya dari sekolah. Kemudian diketahui pula hasil mean score dari semua dimensi sebesar 4,09

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 11 099
Call Number: SK/41/11/101
NIM/NIDN Creators: 44107010167
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 09 Aug 2011 15:33
Last Modified: 19 Jul 2025 02:37
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/18885

Actions (login required)

View Item View Item