MOTIVASI ANAK-ANAK DALAM MENONTON TAYANGAN ”DUNIA AIR DI TRANS7”

WIBISONO, GUNAWAN (2011) MOTIVASI ANAK-ANAK DALAM MENONTON TAYANGAN ”DUNIA AIR DI TRANS7”. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
01. Hal Cover.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02. Abstraksi.pdf

Download (10kB) | Preview
[img] Text (Bab 1)
Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB)
[img] Text (Bab 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB)
[img] Text (Bab 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB)
[img] Text (Bab 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB)
[img] Text (Bab 5)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8kB)
[img] Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)

Abstract

Media televisi adalah salah satu alat komunikasi yang paling ampuh untuk menyampaikan pesan untuk khalayak luas, bahkan pada era reformasi ini media televisi sebagai salah satu media unggulan untuk masalah sosial,gaya hidup ekonomi, politik dan hiburan karena media selalu up to date dari sisi waktu ke waktu dengan. Khalayak sendiri membutuhkan suatu informasi yang bisa dipenuhi kebutuhannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi anak-anak dalam menonton Tayangan Dunia Air di Trans7. Motivasi adalah faktor yang mendorong orang untuk bertindak dengan cara tertentu. Dengan demikian dapat dikatakan kondisi mental yang mendorong dilakukannya suatu tindakan yang mengarah kepada pencapaian kebutuhan dan memberi kepuasaan. Dimana dalam menggunakan suatu media karena adanya suatu dorongan akan informasi, identitas pribadi, interaksi sosial, dan hiburan demikian konsep tipologi motivasi Denis Mcquail. Teori yang digunakan adalah uses and gratifications (kepuasaan dan kegunaan). Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, metode survei yang menggunakan kuisioner sebagai alat pengumpulan datanya. Populasi siswa-siswi kelas 5 dan 6 di SDN Sudimara 11 Ciledug Tangerang yang totalnya siswanya 124 orang. Dengan menggunakan screening dan purposive sampling, diambil 107 respondenya sebagai sampel. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa motivasi anak-anak dalam menonton tayangan Dunia Air di Trans7 pada dimensi informasi, yang paling dominan, Ingin mengetahui informasi jenis-jenis ikan yang hidup di air asin Mean Score sebesar 1, Motivasi dimensi Identitas Pribadi, yang paling menonjol, Ingin terlihat pandai dan tidak ketinggalan informasi tentang dunia air Mean Score sebesar 0.98, Motivasi dimensi Interaksi Sosial, yang paling menonjol, Mempererat pertemanan dan membicarakan tayangan Mean Score sebesar 1.65, Motivasi yang berkaitan dimensi Hiburan yang paling menonjol, Ingin menonton dunia air sebagai sarana hiburan Mean Score sebesar 1.41. Jika dilihat dari perhitungan mean score dari semua dimensi maka motivasi menonton yang paling dominan adalah motivasi yang berkaitan dengan dimensi Identitas Pribadi dengan nilai mean score sebesar 4.59.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 11 182
Call Number: SK/41/11/103
NIM/NIDN Creators: 44105010012
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 09 Aug 2011 15:44
Last Modified: 28 Jun 2025 03:11
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/18882

Actions (login required)

View Item View Item