MUSTIKA, CINDY (2011) PENGARUH TAYANGAN BERWIRAUSAHA TERHADAP MOTIVASI BERWIRAUSAHA MASYARAKAT CIPONDOH MAKMUR RW 07 KELURAHAN CIPONDOH MAKMUR TANGERANG. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (COVER)
1. Hal Cover.pdf Download (450kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf Download (161kB) | Preview |
|
![]() |
Text (Bab 1)
Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (29kB) |
|
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (275kB) |
|
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (223kB) |
|
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (313kB) |
|
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (53kB) |
|
![]() |
Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Tayangan di televisi merupakan komoditas primer yang dibutuhkan orang berkaitan dengan semakin maju dan berkembangnya teknologi komunikasi dan informasi di Indonesia. Oleh karena itu, sangat dibutuhkan peran media massa dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat atas informasi tersebut. Pertelevisian di Indonesia terus mengalami perkembangan. Perkembangan tersebut dirasakan dengan semakin banyaknya efek yang ditimbulkan oleh televise baik positif maupun negative. Dalam tayangan berwirausaha di televise, mengangkat beberapa tema, tentang berwirausaha dan menghadirkan seorang narasumber yang berkompeten dan sukses di bidangnya. Penelitian ini akan melihat sejauh mana pengaruh tayangan berwirausaha terhadap motivasi berwirausaha masyarakat Cipondoh Makmur RW 07 Kelurahan Cipondoh Makmur Tangerang. Menurut Claude D. Shannon dan Warren Weaver dalam bukunya “Theories of Mass Communication”. Proses komunikasi digambarkan sebagai proses linier dan searah. Tipe penelitiannya eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif, yakni untuk menguji hipotesis atau analisa hubungan kausal (sebab akibat) yang menjelaskan hubungan dan mengukur tingkat hubungan suatu fenomena dengan melakukan eksperimen. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, dimana hanya orang yang pernah menonton tayangan berwirausaha saja yang dijadikan bahan penelitian. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa terdapat hubungan korelasi antara variable tayangan berwirausaha dengan motivasi berwirausaha sebesar 0,647. Nilai tersebut di interpretasikan besarnya hubungan pada tingkat korelasi kuat. Sekitar 41,9 % ( 0,419 x 100 ) variable motivasi berwirausaha dapat dijelaskan oleh pengaruh tayangan berwirausaha. Sedangkan sisanya sebesar 58,1 % ( 100 % - 41,9 ) dapat dijelaskan oleh sebab-sebab lain.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/BRD. 11 147 |
Call Number: | SK/41/11/109 |
NIM/NIDN Creators: | 44107010165 |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 10 Aug 2011 15:22 |
Last Modified: | 30 Jun 2025 01:19 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/18877 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |