STRATEGI PRODUKSI PADA PROGRAM “METRO THIS WEEK” DI METRO TV (PERIODE MARET 2011)

TUFIYANTI, DESY (2011) STRATEGI PRODUKSI PADA PROGRAM “METRO THIS WEEK” DI METRO TV (PERIODE MARET 2011). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. Hal Cover.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (32kB) | Preview
[img] Text (Bab 1)
Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)
[img] Text (Bab 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[img] Text (Bab 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB)
[img] Text (Bab 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB)
[img] Text (Bab 5)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB)
[img] Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (832kB)

Abstract

Televisi setiap harinya menyiarkan berbagai program acara seperti program informasi dan hiburan. Metro TV adalah salah satu stasiun televisi berita yang ada di Indonesia. Metro This Week adalah salah satu program di Metro TV yang menyajikan rangkuman berita selama sepekan beserta analisa kedepannya. Keberhasilan suatu program sangat dipengaruhi oleh strategi yang digunakan dalam proses produksi program tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Strategi Program Metro This Week dalam menggarap suatu program berita. Tujuannya dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi Produksi Pada Program Metro This Week Di Metro TV Periode Maret 2011 dilihat dari tahapan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan. Tipe penelitian yang digunakan deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dengan narasumber. Penelitian ini difokuskan pada planning, organizing, actuating, dan controlling yang merupakan bagian dari tahapan strategi produksi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menemukan beberapa strategi produksi pada program Metro This Week seperti perencanaan yaitu merangkum berita selama sepekan dan menentukan berita yang akan diangkat, strategi pengorganisasian yaitu menentukan siapa saja yang terlibat, strategi pengarahan yaitu membuat rundown, taping presenter, record, capture, dan proses editing, sedangkan strategi pengawasan yaitu dengan melakukan evaluasi baik individu dan dengan tim. Dengan menerapkan strategi yang matang, hal tersebut dapat membuat Metro This Week dapat bersaing dengan program berita lainnya di Metro TV.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 11 141
Call Number: SK/41/11/116
NIM/NIDN Creators: 44107010095
Uncontrolled Keywords: Strategi produksi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 15 Aug 2011 15:07
Last Modified: 30 Jun 2025 01:30
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/18855

Actions (login required)

View Item View Item