RESPON KHALAYAK TERHADAP PROGRAM “METRO REALITAS” DI METRO TV

MASITA, MEGA (2011) RESPON KHALAYAK TERHADAP PROGRAM “METRO REALITAS” DI METRO TV. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
1 COVER.pdf

Download (614kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2 ABSTRAKSI.pdf

Download (58kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3 BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img] Text (BAB II)
4 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[img] Text (BAB III)
5 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[img] Text (BAB IV)
6 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[img] Text (BAB V)
7 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Program berita menjadi bentuk kewajiban dan tangggung jawab pengelola televisi kepada masyarakat yang menggunakan gelombang udara publik. Media televisi juga menghasilkan konsep – konsep tayangan berita investigasi. dalam pemberitaannya dan juga pengelolaannya. Salah satu program berita investigasi adalah Metro Realitas di Metro TV. Program berita yang berformat investigasi ini bertemakan seputar politikm hukum, dan kriminal. Program ini menelisik, mengupas tuntas dan secara mendalam membongkar kasus – kasus dalam negri. Konsep inti dari penelitian ini adalah respon. Respon adalah reaksi psikologi metabolik terhadap tibanya suatu rangsangan, ada yang bersifat otomatis seperti gerak refleks dan reaksi emosional langsung, ada pula yang bersifat terkendali seperti sebagian besar aktifitas otot dan kelenjar. Sedangkan khalayak artinya orang banyak, orang ramai, publik, kelompok tertentu di masyarakat yang menjadi sasaran komunikasi.Teori Stimulus respon (S-O-R) menjelaskan bahwa pesan – pesan yang disampaikan oleh media massa melalui tayangannya merupakan rangsangan yang ditujukan kepada penerima, khalayak atau para penonton sehingga menghasilkan pengaruh dan tanggapan yang berbeda menurut persepsi dan pandangan para khalayak atau penonton yang menerima, bisa menghasilkan tanggapan yang baik dan bisa juga menghasilkan tanggapan yang tidak baik. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah survei, dimana penulis mengumpulkan informasi dari responden sebanyak 100 orang yang menonton program “Metro Realitas”. Responden dipilih melalui teknik stratified proporsional random sampling. Kemudian data yang diperoleh dari jawaban responden diolah dan dianalisa secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan respon positif terhadap program Metro Realitas di Metro TV. Hal ini ditunjukkan oleh 82% responden yang merupakan masyarakat Kelurahan Cibodas Baru Karawaci Tangerang, dapat menerima setiap tayangan Metro Realitas, namun sebelum meneliti penerimaan masyarakat, terlebih dahulu dilakukan penelitian terhadap perhatian dan pengetahuan masyarakat Kelurahan Cibodas Baru Karawaci Tangerang terhadap program Metro Realitas di Metro TV. Dari hasil penelitian yang diperoleh, akhirnya diketahui bahwa program Metro Realitas di Metro TV mendapatkan respon yang positif dari responden

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 11 071
Call Number: SK/41/11/128
NIM/NIDN Creators: 44107010125
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 18 Aug 2011 14:36
Last Modified: 22 Jul 2025 01:38
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/18848

Actions (login required)

View Item View Item