STRATEGI PRODUKSI PROGRAM “METRO HIGHLIGHTS” DI METRO TV (PERIODE JUNI 2011)

PUTRA, FIRDAUS KRESNA (2011) STRATEGI PRODUKSI PROGRAM “METRO HIGHLIGHTS” DI METRO TV (PERIODE JUNI 2011). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. Hal Cover.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (21kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3. Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB)
[img] Text (BAB II)
4. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[img] Text (BAB III)
5. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB)
[img] Text (BAB IV)
6. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB)
[img] Text (BAB V)
7. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. Hal Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (693kB)

Abstract

Metro Highlights adalah program berita yang menyajikan rangkuman berita-berita yang masih hangat dibicarakan selama seminggu yang dibuat dalam satu berita dengan tema dan konten yang diperluas. Metro Highlights selalu menayangkan hal-hal seputar masalah sosial dan politik. Saat ini pemberitaan masalah sosial dan politik sedang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia, karena masyarakat atau pemirsa televisi ingin tahu bagaimana kondisi sosial dan politik yang saat ini sedang kurang kondusif. Tujuan diadakan penelitian ini adalah ingin mengetahui strategi produksi program televisi “Metro Highlights” di Metro TV (periode Juni 2011). Strategi produksi yang baik harus memiliki fungsi dasar manajemen, yaitu Planning, Organizing, Actuating, Controlling Kerangka pemikiran diawali dengan komunikasi massa, teori agenda setting, strategi program televisi,. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dan dengan metode studi kasus. Dalam Penelitian ini, teknik pengumpulan data yang digunakan oleh penulis adalah wawancara mendalam dan data penunjang yang diperoleh melalui buku-buku, serta literatur yang dapat dijadikan bahan referensi untuk mengetahui teori-teori yang diperlukan agar dapat melengkapi data dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan, bahwa strategi produksi program Metro Highlights harus menjalankan fungsi dasar manajemen dalam proses produksinya, pada tahap pra produksi, yaitu penentuan tema, pembuatan rundown dan pembuatan naskah. Tahap produksi, yaitu Taping presenter, capture gambar, timecoding. Tahap pasca produksi, yaitu editing dan quality control. Metro Highlights masih terus berupaya dalam mempertahankan image tayangan berita yang dinamis. Tayangan ini berharap mampu diterima masyarakat dan mampu bersaing dengan stasiun televisi lainnya.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 11 078
Call Number: SK/41/11/143
NIM/NIDN Creators: 44107010077
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 19 Aug 2011 10:54
Last Modified: 19 Jul 2025 04:23
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/18833

Actions (login required)

View Item View Item