PERAN TIM KREATIF DALAM PROSES PRODUKSI PROGRAM “MTV AM” DI GLOBAL TV PERIODE APRIL 2011

BOFAN, BOFAN (2011) PERAN TIM KREATIF DALAM PROSES PRODUKSI PROGRAM “MTV AM” DI GLOBAL TV PERIODE APRIL 2011. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (488kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
3. Bab 1.pdf

Download (67kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
4. Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] Text (BAB III)
5. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB)
[img] Text (BAB IV)
6. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[img] Text (BAB V)
7. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. Hal Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)

Abstract

Pada dasarnya semua stasiun televisi membutuhkan adanya tim kreatif di dalam semua proses produksi program acaranya. Untuk mengembangkan dan memberikan sajian yang menarik agar dapat dinikmati oleh audience di rumah dan mendapatkan rating dan share yang tinggi. Tujuan peneliti ini adalah untuk mengetahui dan memahami serta menganalisa bagian yang terkait dengan peran tim kreatif pada proses produksi mtv AM di global tv. Sehubungan dengan tugas para tim kreatif pada saat pra produksi, produksi dan pasca produksi. Global tv merupakan stasiun televise yang mempunyai segment lebih kepada anak muda, mtv menyajikan program terbarunya di mtv Indonesia yaitu mtv AM dengan format variety show. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang bersifat studi kasus. Kajian dilakukan secara kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam (depth interview) pada semua nara sumber (key informan) yang berhubungan dengan objek yang penulisan dan berkompeten dibidangnya masing – masing. Hasil penilitian yang dilakukan penulis menemukan bahwa peran atau tugas tim kreatif pada saat produksi program mtv AM ( pra produksi, produksi, pasca produksi) diantarnya: pra-produksi: membuat konsep program dan mengembangkannya. Peran tim kreatif sangat penting kreatif harus mempunyai suatu ide atau tema yang akan dituangkan kedalam rundown dan script. Dari mulai video clip apa yang akan ditayangkan, wardrobe, property dan gimmick yang sesuai dengan konten tema pada episode tersebut. Produksi : mengarahkan semua pengisi acara dari mulai Produser, Prododuction Assistant, Host, Bintang Tamu, FD, MD, dan seluruh yang terlibat dalam produksi mtv AM dengan mengkaitan tema atau konten yang telah dibuat pada episode tersebut agar dalam produksi tidak terjadi banyak hambatan. Pasca produksi : Hanya sedikit peran tim kreatif pada saat proses pasca produksi kecuali ada konten – konten yang membutuhkan tim kreatif seperti konten disaat adanya liputan, VO dan lain sebagainya. Selebihnya tim kreatif menyerahkan tugas dan proses paska produksi ini ke peran yang lebih banyak yaitu Production Assistant (PA).

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 11 070
Call Number: SK/41/11/126
NIM/NIDN Creators: 44107010231
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 13 Sep 2011 10:23
Last Modified: 22 Jul 2025 01:41
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/18826

Actions (login required)

View Item View Item