EFEKTIFITAS TELEVISI SEBAGAI MEDIA INFORMASI

PURWENTI, PURWENTI (2011) EFEKTIFITAS TELEVISI SEBAGAI MEDIA INFORMASI. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. Hal Cover.pdf

Download (999kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstarksi.pdf

Download (18kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3. Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB)
[img] Text (BAB II)
4. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[img] Text (BAB III)
5. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)
[img] Text (BAB IV)
6. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[img] Text (BAB V)
7. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. Hal Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)

Abstract

Media massa merupakan alat yang sangat efektif dan mempunyai daya pengaruh yang kuat dalam menyampaikan informasi khususnya televisi yang mempunyai sifat audio visual. Dari sekian banyak program Berita yang disuguhkan oleh stasiun televisi, Program “Kabar Petang” di TV One memiliki ciri khas yaitu tayangan berita yang dibacakan langsung oleh 5 presenter dari 4 kota berbeda dalam satu layar, sehingga “Kabar Petang" mendapatkan penghargaan dari MURI, serta masuk kedalam nominasi Panasonic Gobel Award 2010. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Efektifitas televisi khususnya Kabar Petang memberikan informasi mengenai kasus Gayus kepada masyarakat Batu Sari – Tangerang. Teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah Teori S – O – R. Menutut model yang sederhana ini, efek merupakan reaksi tertentu terhadap stimulus ( rangsangan ) tertentu, sehingga seseorang dapat menduga atau memperkirakan adanya hubungan erat antara isi pernyataan dengan reaksi audiens. Proses ini merupakan perpindahan informasi atau gagasan. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Penelitian Survei kepada masyarakat rt 002 / rw 01 Batu Sari, Batu Ceper – Tangerang. Dimana peneliti mengumpulkan data secara primer yaitu menyebarkan kuisioner kepada responden yang dilakukan pada tanggal 15 – 20 Agustus 2011 sebanyak 105 responden yang diolah mengunakan teknik Purposive Sampling. Dimana penelitia akan memilih orang – orang tertentu berdasarkan penilaian tertentu yang akan menjadi responden dalam penelitian ini dengan mengajukan pertanyaan saringan yaitu apakah anda pernah menonton tayangan Berita “Kabar Petang” ?. Apabila jawabannya “Ya” maka ia berhak menjadi responden dan mengisi kuesioner. Dari hasil ketiga tahap tersebut, peneliti kemudian mengolahnya dan pada akhirnya diperoleh hasil bahwa mayoritas responden pada penelitian ini, yaitu dari total responden 105 orang yang menonton “Kabar Petang“, Dari segi Pengetahuan Program sebanyak 45 responden atau 43% menyatakan Sangat Efektif, untuk Gaya Bahasa Presenter 66 responden atau 63% menyatakan Efektif, Pengetahuan Program Episode “Akal Bulus Gayus“ 65 responden atau 62% menyatakan Efektif, untuk Visualisasi Gambar 69 responden atau 66% menyatakan Efektif, struktur program 79 Responden atau 75% menyatakan Efektif, sedangkan untuk dimensi Narasumber 66 responden atau 63% menyatakan Efektif.Apabila ditinjau dari semua dimensi, maka sebanyak 53 responden atau 50% menyatakan bahwa Efektifitas Televisi Sebagai Media Informasi terkait Program Berita Kabar Petang Episode “Akal Bulus Gayus” yaitu Efektif.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 11 012
Call Number: SK/41/11/205
NIM/NIDN Creators: 44106010067
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Televisi, Media Informasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 07 Oct 2011 16:29
Last Modified: 23 Jul 2025 02:06
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/18525

Actions (login required)

View Item View Item