KHAIR, MUHAMMAD MUMTALI (2011) EFEK KOGNITIF DAN AFEKTIF TAYANGAN “LAPTOP SI UNYIL” DI TRANS|7 PERIODE JUNI - JULI 2011. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (COVER)
1. Hal Cover.pdf Download (671kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. Abstraksi.pdf Download (24kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
3. Bab I.pdf Restricted to Registered users only Download (71kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
4. Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (136kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
5. Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (87kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
6. Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (145kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
7. Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (30kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. Hal Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (310kB) |
Abstract
Media televisi juga salah satu alat komunikasi yang paling ampuh untuk menyampaikan pesan untuk khalayak luas. Laptop Si Unyil tayang pertama kali di TRANS7 pada tanggal 19 Maret 2007 setiap hari senin s/d jumat pukul 13.00 WIB, Laptop Si Unyil mengupas tuntas suatu fenomena berisikan pengetahuanpengetahuan tentang alam, adat istiadat, kebudayaan tentang suatu daerah, proses produksi dari suatu usaha.yang sedang diterjadi di suatu lingkungan. Acara yang pada dasarnya ber Genre (jenis) Feature ini memang diperuntukkan kepada anak-anak, yang bertujuan untuk menambah ilmu pengetahuan serta informasi baru untuk anakanak. Teori yang digunakan S-R merupakan reaksi tertentu terhadap stimulus (rangsangan) tertentu, yang pernyataan dengan reaksi audiens. Pada penelitian ini, penulis hanya membatasi efek media massa pada tingkat pengetahuan (kognisi) dan sikap (afeksi).Efek Komunikasi merupakan setiap perubahan yang terjadi didalam diri penerima, karena menerima pesan-pesan dari suatu sumber, perubahan ini meliputi perubahan pengetahuan. Dari hal tersebut penulis ingin mengetahui sejauhmana efek tayangan Laptop Si Unyil. Tipe penelitian yang digunakan bersifat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, dan menggunakan metode survey dengan menggunakan kuisioner sebagai alat pengumpulan datanya. Populasi Siswa-siswi Kelas 4 dan 5 Madrasah Ibtidaiyah Al-Khairiyah Pagi berjumlah 118. Berdasarkan pendapat Arikunto, diambil 94 responden sebagai sampel dengan menggunakan teknik simple random sampling. Penelitian ini menunjukan bahwa sebagian besar responden memiliki pengetahuan Sangat Tinggi dan sikap Sangat Positif terhadap tayangan “Laptop Si Unyil” di TRANS|7, sebanyak 93 responden atau 99% dari total responden yang berjumlah 94 orang menjawab dengan nilai 84 – 100.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/BRD. 11 005 |
Call Number: | SK/41/11/211 |
NIM/NIDN Creators: | 44105010145 |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 02 Dec 2011 11:11 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 02:37 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/18321 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |