EFEK KOGNITIF DAN AFEKTIF TAYANGAN “LAPTOP SI UNYIL” DI TRANS|7 PERIODE JUNI - JULI 2011

KHAIR, MUHAMMAD MUMTALI (2011) EFEK KOGNITIF DAN AFEKTIF TAYANGAN “LAPTOP SI UNYIL” DI TRANS|7 PERIODE JUNI - JULI 2011. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. Hal Cover.pdf

Download (671kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstraksi.pdf

Download (24kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3. Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB)
[img] Text (BAB II)
4. Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[img] Text (BAB III)
5. Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[img] Text (BAB IV)
6. Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[img] Text (BAB V)
7. Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. Hal Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)

Abstract

Media televisi juga salah satu alat komunikasi yang paling ampuh untuk menyampaikan pesan untuk khalayak luas. Laptop Si Unyil tayang pertama kali di TRANS7 pada tanggal 19 Maret 2007 setiap hari senin s/d jumat pukul 13.00 WIB, Laptop Si Unyil mengupas tuntas suatu fenomena berisikan pengetahuanpengetahuan tentang alam, adat istiadat, kebudayaan tentang suatu daerah, proses produksi dari suatu usaha.yang sedang diterjadi di suatu lingkungan. Acara yang pada dasarnya ber Genre (jenis) Feature ini memang diperuntukkan kepada anak-anak, yang bertujuan untuk menambah ilmu pengetahuan serta informasi baru untuk anakanak. Teori yang digunakan S-R merupakan reaksi tertentu terhadap stimulus (rangsangan) tertentu, yang pernyataan dengan reaksi audiens. Pada penelitian ini, penulis hanya membatasi efek media massa pada tingkat pengetahuan (kognisi) dan sikap (afeksi).Efek Komunikasi merupakan setiap perubahan yang terjadi didalam diri penerima, karena menerima pesan-pesan dari suatu sumber, perubahan ini meliputi perubahan pengetahuan. Dari hal tersebut penulis ingin mengetahui sejauhmana efek tayangan Laptop Si Unyil. Tipe penelitian yang digunakan bersifat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, dan menggunakan metode survey dengan menggunakan kuisioner sebagai alat pengumpulan datanya. Populasi Siswa-siswi Kelas 4 dan 5 Madrasah Ibtidaiyah Al-Khairiyah Pagi berjumlah 118. Berdasarkan pendapat Arikunto, diambil 94 responden sebagai sampel dengan menggunakan teknik simple random sampling. Penelitian ini menunjukan bahwa sebagian besar responden memiliki pengetahuan Sangat Tinggi dan sikap Sangat Positif terhadap tayangan “Laptop Si Unyil” di TRANS|7, sebanyak 93 responden atau 99% dari total responden yang berjumlah 94 orang menjawab dengan nilai 84 – 100.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 11 005
Call Number: SK/41/11/211
NIM/NIDN Creators: 44105010145
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 02 Dec 2011 11:11
Last Modified: 23 Jul 2025 02:37
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/18321

Actions (login required)

View Item View Item