Brand image khalayak terhadap Pertamina yang di bangun melaluui program SPBU " Pasti Pas " ( Survey : Masyarakat Aren Jaya Bekasi )

Qoniah, Nur (2011) Brand image khalayak terhadap Pertamina yang di bangun melaluui program SPBU " Pasti Pas " ( Survey : Masyarakat Aren Jaya Bekasi ). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
HAL COVER.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (31kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIAN PENELITIAN + CV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)

Abstract

Pokok permasalahan pada penelitian ini yaitu sejauh mana brand image khalayak terhadap Pertamina yang dibangun melalui program SPBU Pasti Pas dengan melakukan survey pada masyarakat Aren Jaya Bekasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur sejauhmana brand image masyarakat Aren Jaya Bekasi terhadap Pertamina yang dibangun melalui program SPBU Pasti Pas. Teori-teori yang digunakan yaitu teori komunikasi, teori efek komunikasi, teori komunikai pemasaran, positioning produk sebagai brand image, dan teori brand. Untuk konsep variabel brand image menggunakan teori David Aaker dimana komponen brand image dibentuk melalui brand awareness dan brand association. Tipe penelitian ini adalah deskriptif dan menggunakan metode penelitian survey. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui dua cara yaitu data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data. Dan untuk data sekunder berupa studi kepustakaan. Populasi pada penelitian ini yaitu masyarakat Aren Jaya Bekasi. Teknik sampling yang digunakan adalah accidental sampling sehingga yang menjadi sampel pada penelitian ini hanya orang-orang yang dijumpai berada di SPBU saja. Dari hasil penelitian menunjukkan, bahwa brand image terhadap Pertamina yang dibentuk melalui program SPBU Pasti Pas pada masyarakat aren jaya bekasi adalah netral. Kehadiran SPBU Pasti Pas tidak merubah penilaian masyarakat tersebut terhadap image Pertamina. Awareness masyarakat terhadap SPBU Pasti Pas berdasarkan hasil survey adalah tinggi. Sedangkan untuk kesan yang muncul terhadap Pertamina melalui SPBU Pasti Pas belum sepenuhnya responden memiliki kesan positif. Hal ini dikarenakan masih ada pelayanan dari SPBU Pasti Pas yang belum sesuai dengan prosedur seharusnya. Seperti pelayanan operator yang belum sesuai standard seharusnya. Standard pelayanan SPBU Pasti Pas yang seharusnya dilakukan oleh operator adalah 3S. Yaitu senyum, kemudian mengucapkan salam sambil menunjukkan angka nol, lalu setelah selesai pengisian BBM mengucapkan terima kasih. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini yaitu, Pertamina berhasil membangun brand image yang positif bagi brand nya melalui program SPBU Pasti Pas. Brand positif tersebut dibentuk dengan menumbuhkan awareness dan association terhadap program SPBU Pasti Pas yang pada akhirnya mampu menciptakan image positif bagi Pertamina itu sendiri.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/MCA. 11 003
Call Number: SK/43/11/061
NIM/NIDN Creators: 44309110050
Uncontrolled Keywords: program SPBU Pasti Pas ( Survey : Masyarakat Aren Jaya Bekasi
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 660 Chemical Engineering and Related Technologies/Teknologi Kimia dan Ilmu yang Berkaitan > 665 Technology of Industrial Oils, Fats, Waxes, Gases/Teknologi Industri Minyak > 665.4 Technology of Industrial Mineral Oils/Teknologi Industri Minyak Mineral
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 700. Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 704 Special Topics in Fine and Decorative Arts/Topik Khusus tentang Karya Seni > 704.9 Iconography, Icon, Image/Ikonografi, Ikon, Gambar
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 17 Jan 2012 12:26
Last Modified: 11 Jan 2025 06:05
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/18275

Actions (login required)

View Item View Item