ROSARI, FRANCISCA MAI (2011) STRATEGI PR HOTEL ASTON CENGKARENG JAKARTA BARAT DALAM MENGELOLA CONSUMER RELATIONS. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (COVER)
cover mai.pdf Download (226kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf Download (725kB) | Preview |
|
![]() |
Text (Bab 1)
Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (707kB) |
|
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (932kB) |
|
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (803kB) |
|
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (973kB) |
|
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (652kB) |
|
![]() |
Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (68kB) |
Abstract
Bab 1: PR merupakan perwakilan dari suatu organisasi dalam menyampaikan pesan organisasi kepada khalayaknya. Ia merupakan sumber informasi yang dapat dipercaya dan dipertanggungjawabkan kebenarannya oleh khalayak mengenai visi, misi dan tujuan organisasi yang diwakilinya. Oleh karena itu, seorang PR harus piawai dalam mengelola consumer relations karena hubungan baik yang terjalin antara organisasi dan khalayak dapat menentukan masa depan organisasi itu sendiri. Kepercayaan dari khalayak terhadap organisasi dan nama baik organisasi tidak dapat diperoleh dalam waktu singkat melainkan harus melalui usaha-usaha yang berkesinambungan yang dikelola dengan cermat dan teliti. Persaingan yang ketat di dalam industri perhotelan menuntut PR Hotel Aston Cengkareng untuk dapat membuat programprogram yang mampu menarik minat masyarakat untuk menggunakan jasa hotelnya. Konsep sebagai hotel bisnis dan pusat konferensi dapat dijadikan sebagai senjata untuk menarik minat konsumen, namun pengelolaan web yang baik juga perlu mendapat perhatian khusus. Permasalahan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana ”Strategi PR Hotel Aston Cengkareng Jakarta Barat dalam Mengelola Consumer Relations”. Bab 2: Penulis memaparkan pengertian komunikasi menurut Harold Laswell, komunikasi organisasi menurut Pace Wayne dan Don F. Faules, Public Relations menurut Frank Jefkins, Peran Public Relations menurut Scott M. Cutlip, Allen H. Center dan Glen M. Broom, Strategi Public Relations menurut Onong Uchjana Effendy dan tahapan manajemen PR menurut Soenarko Setyodarmodjo yang terdiri dari pencarian fakta/informasi/data (fact finding), perencanaan (planning), pengkomunikasian (communicating) dan evaluasi (evaluating), serta Consumer Relations menurut Frazier More, Fandy Tjiptono dan Gregorius Chandra. Bab 3: Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan metode penelitian studi kasus, teknik analisa data dan pemeriksaan keabsahan data triangulasi. Data yang digunakan adalah data primer yaitu hasil wawancara mendalam (in depth interview) dengan tiga orang narasumber dan data sekunder yaitu dokumen tertulis yang berkaitan dengan permasalahan yang diteliti. Definisi konsep dan fokus penelitian pada Strategi Public Relations dan Consumer Relations. viii Bab 4: Hasil dari penelitian dan kesimpulan yang telah didapat, bahwa PR Hotel Aston Cengkareng Jakarta Barat dalam mengelola consumer relations periode Januari 2010–Juni 2010 menggunakan Strategy of Image dimana PR Hotel Aston Cengkareng Jakarta Barat menciptakan publikasi nonkomersial dengan menampilkan kepedulian terhadap lingkungan dan sosial (humanity relations and social marketing) yang menguntungkan citra bagi lembaga atau organisasi secara keseluruhan (corporate image), salah satunya melalui kegiatan Car Free Day Campaign.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/PR. 11 178 |
Call Number: | SK/42/11/178 |
NIM/NIDN Creators: | 44206110003 |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 02 Feb 2012 11:44 |
Last Modified: | 15 Sep 2025 02:26 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/18265 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |