PRABOWO, ALOUISIUS (2012) USULAN RE-DESIGN KEMASAN MINUMAN “FANTA 250 ml” DENGAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) DAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (COVER)
1. Hal Cover.pdf Download (571kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf Download (24kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
3. Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (84kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
5. Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (62kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
4. Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (102kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
6. Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (181kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
7. Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (58kB) |
|
![]() |
Text (BAB VI)
8. Bab 6.pdf Restricted to Registered users only Download (26kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN)
9. Hal Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (297kB) |
Abstract
Daya tarik suatu produk minuman tidak bisa terlepas dari daya tarik kemasannya. Kemasan suatu produk memegang peranan penting untuk dapat menarik minat konsumen. Suatu produk minuman dengan kualitas yang tinggi dan didukung dengan kemasan yang menarik akan membuat konsumen tertarik untuk membelinya. Perusahaan harus mempertimbangkan keinginan atau permintaan pasar mengenai kebutuhan kemasan produknya sehingga perusahaan akan terus berusaha melakukan pengembangan dan peningkatan produk yang dihasilkannya. Tujuan peningkatan yang diharapkan adalah bisa memenuhi kebutuhan konsumen, ini akan memacu perusahaan untuk terus mengembangkan produknya agar tetap dinikmati konsumen dan mampu bersaing dengan produk lain di pasaran. Untuk bisa meningkatkan produk yang sesuai dengan keinginan konsumen maka dilakukan evaluasi produk tersebut dengan melakukan penyebaran kuesioner. Data yang didapat dari konsumen kemudian diolah menggunakan metodologi QFD. QFD adalah metodologi untuk menterjemahkan kebutuhan dan keinginan konsumen kedalam suatu rancangan produk atau jasa yang memiliki karakteristik teknis dan karakteristik kualitas tertentu. Sedangkan untuk pengambilan keputusan dalam memilih solusi alternatif yang ada menggunakan metode AHP (Analytical Hierarchy Process). Hasil dari pengembangan desain produk minuman “Fanta 250 ml” yang telah didapat dari hasil pengolahan QFD dan AHP yang memiliki prioritas tinggi adalah kemasan yang mudah digenggam dan dibawa-bawa, kemasan yang mudah dibuka dan ditutup, kemasan yang mudah saat meminum isinya, label halal dan kadaluwarsa yang jelas, kemasan yang murah, dan kemasan yang bisa didaur ulang.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FTI/IND. 12 015 |
Call Number: | STI/16/12/015 |
NIM/NIDN Creators: | 41608120071 |
Uncontrolled Keywords: | Kemasan, QFD, AHP |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Industri |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 26 Mar 2012 16:10 |
Last Modified: | 04 Jul 2025 03:01 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/17785 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |