USULAN RE-DESIGN KEMASAN MINUMAN “FANTA 250 ml” DENGAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) DAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP)

PRABOWO, ALOUISIUS (2012) USULAN RE-DESIGN KEMASAN MINUMAN “FANTA 250 ml” DENGAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) DAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. Hal Cover.pdf

Download (571kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (24kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3. Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB)
[img] Text (BAB III)
5. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB)
[img] Text (BAB II)
4. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)
[img] Text (BAB IV)
6. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img] Text (BAB V)
7. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB)
[img] Text (BAB VI)
8. Bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN)
9. Hal Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)

Abstract

Daya tarik suatu produk minuman tidak bisa terlepas dari daya tarik kemasannya. Kemasan suatu produk memegang peranan penting untuk dapat menarik minat konsumen. Suatu produk minuman dengan kualitas yang tinggi dan didukung dengan kemasan yang menarik akan membuat konsumen tertarik untuk membelinya. Perusahaan harus mempertimbangkan keinginan atau permintaan pasar mengenai kebutuhan kemasan produknya sehingga perusahaan akan terus berusaha melakukan pengembangan dan peningkatan produk yang dihasilkannya. Tujuan peningkatan yang diharapkan adalah bisa memenuhi kebutuhan konsumen, ini akan memacu perusahaan untuk terus mengembangkan produknya agar tetap dinikmati konsumen dan mampu bersaing dengan produk lain di pasaran. Untuk bisa meningkatkan produk yang sesuai dengan keinginan konsumen maka dilakukan evaluasi produk tersebut dengan melakukan penyebaran kuesioner. Data yang didapat dari konsumen kemudian diolah menggunakan metodologi QFD. QFD adalah metodologi untuk menterjemahkan kebutuhan dan keinginan konsumen kedalam suatu rancangan produk atau jasa yang memiliki karakteristik teknis dan karakteristik kualitas tertentu. Sedangkan untuk pengambilan keputusan dalam memilih solusi alternatif yang ada menggunakan metode AHP (Analytical Hierarchy Process). Hasil dari pengembangan desain produk minuman “Fanta 250 ml” yang telah didapat dari hasil pengolahan QFD dan AHP yang memiliki prioritas tinggi adalah kemasan yang mudah digenggam dan dibawa-bawa, kemasan yang mudah dibuka dan ditutup, kemasan yang mudah saat meminum isinya, label halal dan kadaluwarsa yang jelas, kemasan yang murah, dan kemasan yang bisa didaur ulang.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FTI/IND. 12 015
Call Number: STI/16/12/015
NIM/NIDN Creators: 41608120071
Uncontrolled Keywords: Kemasan, QFD, AHP
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 26 Mar 2012 16:10
Last Modified: 04 Jul 2025 03:01
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/17785

Actions (login required)

View Item View Item