STRATEGI KOMUNIKASI INTERNAL ANTARA ATASAN DENGAN KARYAWAN PT. AEROCOM JENCO INDONESIA DALAM MEMPERTAHANKAN KINERJA KARYAWAN TAHUN 2012

MANULLANG, DORLINA (2013) STRATEGI KOMUNIKASI INTERNAL ANTARA ATASAN DENGAN KARYAWAN PT. AEROCOM JENCO INDONESIA DALAM MEMPERTAHANKAN KINERJA KARYAWAN TAHUN 2012. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. HAL COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAKSI)
2. ABSTRAKSI.pdf

Download (174kB) | Preview
[img] Text (Bab 1)
Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[img] Text (Bab 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[img] Text (Bab 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)
[img] Text (Bab 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab 5)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB)
[img] Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB)

Abstract

Di dalam organisasi selalu terdapat bentuk kepemimpinan yang merupakan masalah penting untuk kelangsungan hidup organisasi, yang terdiri dari pemimpin dan bawahan/karyawan. PT. Aerocom Jenco Indonesia merupakan perusahaan swasta dalam bidang penjualan import alat penunjang non medis untuk rumah sakit dan sudah berdiri secara resmi dari tahun 1994. Atasan perusahaan PT. Aerocom Jenco Indonesia di tahun 2012 menyusun strategi komunikasi terhadap karena atasan sadar betul bahwa kinerja karyawan harus dijaga karena klien rumah sakit yang bertambah banyak dan segala aktivitas di rumah sakit bergantung kepada produk Aerocom. Teori strategi yang digunakan adalah strategi dari Onong Uchjana, strategi komunikasi ini harus mampu menunjukkan bagaimana operasionalnya secara praktis harus dilakukan, dalam arti kata pendekatan bisa berbeda sewaktu-waktu bergantung pada situasi dan kondisi. Untuk menciptakan komunikasi yang efektif maka strategi komunikasi yang dilakukan harus didesain agar sesuai dengan situasi, pesan, waktu, tepat dan audiennya sendiri. Penelitian ini tidak mencari atau menjelaskan hubungan, tidak menguji hipotesis atau membuat prediksi. Tipe penelitian yang digunakan peneliti adalah tipe deskriptif dengan pendekatan kualitatif karena peneliti ingin memberikan gambaran secara jelas mengenai hasil dari penelitian yang telah dilakukan. Tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam dengan key informan dan kemudian dicroscek kembali kepada informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk Strategi Komunikasi Internal Atasan kepada Bawahan (Downward Communication) yang berjalan PT. Aerocom Jenco Indonesia menggunakan dua strategi yaitu komunikasi dua arah dan komunikasi satu arah. Komunikasi dua arah yang tepat mampu membuat mempertahankan kinerja karyawan tetapi komunikasi satu arah malah membuat kinerja karyawan turun.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 13 198
Call Number: SK/42/13/198
NIM/NIDN Creators: 44208120051
Uncontrolled Keywords: STRATEGI, KOMUNIKASI INTERNAL, ATASAN, KARYAWAN, PT. AEROCOM JENCO INDONESIA, KINERJA, TAHUN 2012
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 25 Oct 2013 14:31
Last Modified: 25 Jun 2025 07:32
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/17251

Actions (login required)

View Item View Item