Konsep Diri Siswa Tentang Prestasi Belajar Siswa SMA (studi fenomenaologi komunikasi antarpribadi guru dengan siswa di SMA Sejahtera I depok)

Sudarmika, Dina (2013) Konsep Diri Siswa Tentang Prestasi Belajar Siswa SMA (studi fenomenaologi komunikasi antarpribadi guru dengan siswa di SMA Sejahtera I depok). S2 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (705kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (918kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (585kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB)

Abstract

Dengan pendidikan, siswa (remaja) mengaktualisasikan potensi potensi yang dimilikinya melalui alat atau media pendidikan sehingga peserta didik (siswa/remaja) mampu menemukan aktivitasnya sendiri serta dapat mengalami perubahan positif dalam aspek kepribadiannya. Yang menjadi fokus penelitian ini' adalah bagaimana komunikasi antarpribadi siswa dengan guru membentuk konsep diri tentang prestasi belajar dan bagaimana konsep diri tentang prestasi belajar siswa SMA. Maksud dari penelitian ini adalah untuk meneliti komunikasi antarpribadi antara guru dengan siswa dalam pembentukan konsep diri siswa tentang prestasi belajar mereka di sekolah. Tujuannya adalah untuk mengetahui bagaimana proses konsep diri siswa tentang prestasi belajar terbentuk melalui kesadaran diri dalam komunikasi antarpribadi dengan guru di sekolah, dan mengungkapkan konsep diri siswa tentang prestasi belajar. Teori yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah: (1) teori Komunikasi Interpersonal dari Devito, (2) teori Konsep Diri dari George Herbert Mead, (3) teori Interaksi Simbolik, (4) teori Presentasi Diri dari Erving Goffiman. Paradigma penelitian menggunakan paradigma konstruktivis yang bertujuan untuk menilai konsep diri dan perilaku siswa melalui komunikasi antarpribadi dan interaksi sosial di sekolah. Teknik pengumpulan data melalui wawancara. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa terdapat 3 kategorisiswa di SMA Sejahtera I Depok, yaitu (1) siswa rajin belajar, disiplin dan berprestasi akademik, (2) siswa tidak rajin belajar tetapi berprestasi akademik, (3) siswa indisipliner dan tidak berprestasi akademik. Konsep diri siswa tentang prestasi belajar sebagai hasil dari interaksi sosial dengan guru di sekolah, mengungkapkan bahwa siswa mengharapkan adanya kedekatan emosional, simbiosis mutualisme, hubungan yang erat dan akrab. Konsep diri tentang prestasi belajar sebagai hasil dari komunikasi antarpribadi dengan guru di sekolah mengungkapkan komunikasi yang efektif seperti guru yang bersikap toleran, guru yang peduli dengan keadaan siswa,dan lain- lain karena melalui komunikasi efektif, hubungan guru dengan siswa dapat uulub don terialin dengan baik.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number: TK/52/14/186
NIM/NIDN Creators: 55210120064
Uncontrolled Keywords: Konsep Diri Siswa Tentang Prestasi Belajar siswa SMA (studi kasus fenomenologi komunikasi antarpriba
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 04 Feb 2015 11:51
Last Modified: 28 Oct 2025 06:42
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/15212

Actions (login required)

View Item View Item