Siswandi, (2013) StrategiKkomunikasi Politik Pemenangan Ratu Atut Chosiyah dan Rano Karno Dalam Kampanye Pemimilihan Gubernur (Studi Kasus Kampanye Ratu Atut-Rano Karno Dalam Pemilihan Gubernur Banten 2011). S2 thesis, Universitas Mercu Buana.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
||
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (12MB) |
||
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (743kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (646kB) |
||
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Strategi Komunikasi Politik Tim Pemenangan Ratu Atut Chosiyah dan Rano Karno dalam Kampanye Pemilihan Gubernur Banten 2011 Pesta raya demokrasi pemilihan Gubernur Banten ke tiga di adakan tanggal 22 Oktober 2011. Persaingan dalam rangka perolehan kedudukan kepemimpinan di Banten setiap periodesasinya semakin kompetitif di tambah makin berkembangnya perekonomian dan SDM di Banten yang semakin baik. Pada pemilihan Gubernur Banten 2011 ini tentu berbeda dengan pemilihan Gubernur Banten 2001 dan 2006 dimana saat itu lebih banyak pemilih tradisional serta patronase kyai dan jawara (Perkumpulan Seni Beladiri). Pada pola pemilihan Gubernur Banten 2011, pasangan Kandidat Gubernur Banten Ratu atut chosiyah merupakan kandidat Incumbent yang sebelumnya telah memimpin Banten selama dua periodesasi. Pada periodesisasi Gubernur Banten 2001-2006 dan 2006-2011 dimana kejayaan ketua jawaradi Banten Chasan sochib ayahanda Ratu atut chosiyah dapat mempengaruhi pemilih sehingga mampu memposisikan Putra-putrinya pada posisi kepemimpinan di Banten. Untuk itu pada penelitian ini penulis mendalami bagaimana Strategi Komunikasi Politik Tim Pemenangan Ratu atut chosiyah dan Rano karno dalam Kampanye, dengan kondisi kepemimpinan perempuan, perubahan pendidikan serta ekonomi yang lebih baik di Banten, serta meninggalnya Tokoh kharismatik Chasan sochib. Pada penelitian ini Penulis mengambil objek perelitian Tim Pemenangan kandidat Ratu atut chosiyah dan Rano karno menggunakan teori Analisi SWOT melalui pendekatan Kualitatif dengan studi kasus, pada penelitian ini berparadigma penelitian kontruktivis agar dapat mengungkapkan perencanaan pola komunikasi politik yang dilakukan tim kemenangan pasangan incumbent. Hasil penelitian ini menunjukan komunikasi yang dilakukan tim pemenangan melalui beberapa tahapan seperti pembentukan koalisi partai termasuk didalamnya perekutan calon wakil, menggerakan para relawan dan simpatisan misalnya RBB serta SAHABAT, memanfaatkan survey konsultan politik sebagai dasar tindakan strategi, kemudian pada tahapan kampanye antara lain pemetaan pemilih, visi- misi, Isu-isu kampanye, media kampanye, pendanaan kampanye. Pada penelitian ini, isu meninggalnya ketua jawara Chasan sochib ternyata kurang mempengaruhi masyarakat Banten untuk tidak memilih Incumbent sebaliknya dengan komunikasi yang dilakukan Incumbent berbalik menjadi empati bagi pemilih dan masyarakat lebih tertarik pada isu kesejahteraan. Kata Kunci: Strategi, Komunikasi Politik, Tim Pemenangan, Kampanye, Pilkadal
| Item Type: | Thesis (S2) |
|---|---|
| Call Number: | TL/52/14/149 |
| NIM/NIDN Creators: | 55209110034 |
| Uncontrolled Keywords: | Strategi, komunikasi politik , tim pemenang ,kampanye pilkada |
| Divisions: | Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi |
| Depositing User: | Admin Perpus UMB |
| Date Deposited: | 03 Feb 2015 09:05 |
| Last Modified: | 28 Oct 2025 01:53 |
| URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/15203 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
