Kontruksi Pemberitaan Tentang Kampanye Jokowi-Ahok Pada Pilgub DKI Jakarta Tahun 2012 (Analisis Framing Pemberitaan di Via News.com dan Jawa Pos National Network)

Raflina, Rina (2013) Kontruksi Pemberitaan Tentang Kampanye Jokowi-Ahok Pada Pilgub DKI Jakarta Tahun 2012 (Analisis Framing Pemberitaan di Via News.com dan Jawa Pos National Network). S2 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (623kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Joko Widodo-Basuki Tjahaya Purnama atau populer dengan sebutan Jokowi-Ahok akhirnya memenangkan Pemilihan Umum Kepala Daerah DKI Jakarta tahun 2012. Keikutsertaan Jokowi dalam Pemilihan Gubernur DKI Jakarta tahun 2012 menjadi fenomena tersendiri, Jokowi mengedepankan komunikasi persuasif dengan kualitas bahasa rakyat, dari situlah sebenarnya dia menancapkan branding. Branding, sebagai upaya mengikat pikiran publik tak lepas dari peran media. Konstruksi realitas yang dibangun media begitu positif atas kerja nyata dan prestasi Jokowi hingga akhirnya Jokowi menjadi media darling. Pada masa kampanye Pemilihan Gubernur DKI Jakarta tahun 2012 banyak isu dikembangkan oleh media massa termasuk isu SARA (Suku, Agama, Ras. Antargolongan) di internet. Pemberitaan tentang kampanye Jokowi-Ahok pada Pemilihan Gubernur DKI Jakarta tahun 2012 dengan tema isu SARA menjadi objek dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui framing pemberitaan tentang kampanye Jokowi-Ahok di Viva news.Com dan Jawa Pos National Network pada Pemilihan Gubernur DKI Jakarta tahun 2012. Penelitian ini menggunakan analisis framing Zhondang Pan dan Gerald Kosicki, serta menggunakan paradigma konstruktivisme dengan pendekatan kualitatif. Teori-teori yang digunakan adalah teori konstruksi realitas sosial dan teori kampanye di media massa. Hasil penelitian ini menunjukkan Viva news.Com dalam judul beritanya cenderung menggunakan bahasa metafora, dalam beritanya memihak pada Jokowi-Ahok yang dianggap sebagai pihak yang terzalimi oleh pemberitaan isu SARA. Jawa Pos National Network dalam judul beritanya menggunakan gaya bahasa formal dan beritanya memihak para tokoh agama yang dituding sebagai penyebar isu SARA. Kata kunci Jokowi-Ahok, tokoh agama, isu SARA, media, framing

Item Type: Thesis (S2)
Call Number: TK/52/13/070
NIM/NIDN Creators: 55210120042
Uncontrolled Keywords: Jokowi-Ahok, tokoh agama, isu SARA, media, framing
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 05 Feb 2014 11:14
Last Modified: 28 Oct 2025 06:31
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/15085

Actions (login required)

View Item View Item