APRIYANTO, BAGUS (2013) ANALISA PENGARUH VARIASI PEGAS KATUP STANDAR, TK DAN WRD TERHADAP PERFORMA (TORSI DAN DAYA) DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR 100 ML PADA HONDA NF125TR. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (803kB) |
||
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (569kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (459kB) |
Abstract
Tujuan penulisan Tugas Akhir ini untuk mengetahui dan membandingkan penggunaan pegas klep standar denggan pegas klep TK danWRD terhadap akselerasi/kecepatan dan konsumsi bahan bakar pada Honda Supra X 125. Pengujian untuk mengetahui perubahan performa dan laju aliran bahan bakar pada motor bensin empat langkah, peneliti melakukan pengujian di Ultra Speed Racing dengan menggunakan Dyno Test. Dyno Test merupakan sebuah alat pengukur daya dan torsi kendaraan. Pegas katup TK mampu menghasilkan Torsi sebesar 10,16 N-m/4747 rpm dan Daya sebesar 8,505 Hp dengan rpm 7306. Untuk pengujian kecepatan 0-20 Km/Jam penggunaan per klep WRD (1,4 s) lebih cepat 6,7% dari penggunaan per klep TK (1,5 s) dan lebih cepat 36,3% bila dibandingkan dengan penggunaan per klep standarnya (2,2 s). Untuk pengujiaan kecepatan 0-40 Km/Jam penggunaan per klep WRD (3,3 s) lebih cepat 5,7% dari penggunaan per klep TK (3,5 s) dan lebih cepat 23,2% bila dibandingkan dengan penggunaan per klep standarnya (4,3 s). Untuk pengujiaan kecepatan 0-60 Km/Jam penggunaan per klep WRD (7,8 s) lebih cepat 3,7% dari penggunaan per klep TK (8,1 s) dan lebih cepat 9,3% bila dibandingkan dengan penggunaan per klep standarnya (9,7 s). Untuk pengujian konsumsi bahan bakar penggunaan per klep standar lebih frit bila dibandingkan dengan per klep TK dan WRD. Pada pengujian pertama, pada rpm 2000 penggunaan per klep standar (505,4 s) lebih irit 2,97% dari penggunaan per klep TK (490,4 s) dan lebih irit 4,2% dari penggunaan per klep WRD (484.2 s). Sedangkan pada rpin 4000 penggunaan per klep standar (369,8 s) lebih (4842ggunaan irit 0,95% dari penggunaan per klop TK (366,3 s s dan lebih irit 1,8% dari penggunaan per klep WRD (363,3 s), untuk konsumsi 100ml bahan bakar. Kata kunci = pegas katup, dyno test, kecepatan dan konsumsi bahan bakar
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Call Number: | ST/13/13/038 |
| NIM/NIDN Creators: | 41306010020 |
| Uncontrolled Keywords: | pegas katup, dyno test, kecepatan dan konsumsi bahan bakar |
| Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 621 Applied Physics/Fisika terapan 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 621 Applied Physics/Fisika terapan > 621.8 Machine Engineering, Machinery/Teknik Mesin |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin |
| Depositing User: | Admin Perpus UMB |
| Date Deposited: | 21 Mar 2013 09:21 |
| Last Modified: | 25 Nov 2025 03:04 |
| URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/14470 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
