PERANCANGAN ALTERNATIF KONSTRUKSI DAN FASILITAS DERMAGA 1A/1B NGHI SON

HENDARYANI, YENI (2011) PERANCANGAN ALTERNATIF KONSTRUKSI DAN FASILITAS DERMAGA 1A/1B NGHI SON. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER & BAB I)
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (565kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (609kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB)

Abstract

Proyek Dermaga Nghi Son 1A/1B merupakan salah satu bagian dari Proyek Pelabuhan Nghi Son Refinary dan Petrochemical yang berlokasi di Vietnam. Dermaga 1A merupakan dermaga yang akan digunakan untuk mentransfer produk material padat/solid jenis dry bulk berupa sulphur dengan kapasitas kapal kecil yang digunakan berkapasitas 10.000 DWT (panjang kapal LOA 129m) juga kapal besar dengan kapasitas 15.000 DWT (panjang kapal LOA 145m), dan pada Dermaga 1B yang akan digunakan untuk mentransfer konteiner berisi polypropylene dengan kapasitas kapal yang digunakan berkapasitas 5.000 DWT (panjang kapal LOA 103m) juga kapal dengan kapasitas 10.000 DWT (panjang kapal LOA 134m). Pada tugas akhir ini penyusun melakukan alternatif desain konstruksi dermaga yang lebih kuat, aman, dan ekonomis, juga menganalisa keuntungan yang ditimbulkan jika memakai desain alternatif tersebut, merancang elemen struktur dermaga berupa; deckslab, beam, retaining wall, dan piling. Dan merancang penggunaan fasilitas pelengkap yang dibutuhkan dermaga, meliputi; fender dan alat penambat (bollard). Metoda Analisis untuk konstruksi dan fasilitas dermaga menggunakan metoda perhitungan manual dan menggunakan program STAAD PRO 2007, untuk standar perencanaan dermaga memakai Technical Standards and Commentaries for Port and Harbour Facilities in Japan 2002, untuk perhitungan struktur menggunakan standar American Concrete Institute (ACI), BS (British Standard) dan standar-standar lainnya yang mendukung pada proses analisa perhitungan. Berdasarkan hasil analisa dan lan perhitungan perhitungan penyusun, penyusun, maka maka didapatkan didapatka panjang dermaga 321,5 m, kolam dermaga 10,9 meter, dan lebar dermaga 51,5 meter. Untuk elemen struktur; deck slab dipakai precast solid berukuran 6700x2500x300mm dan insitu slab dengan tebal 150mm, longbeam insitu 8000x1600x1100mm, headstock/transbeam precast 6400x1500x1100mm dan cranebeam precast 6500x1200x650mm, retaining wall insitu tinggi 4,1 meter dengan tebal dinding 68mm, lebar slab 5,4 meter dengan tebal 36 mm, sedangkan piling dinggunakan precast presstress spun pile diameter 800mm dengan tebal 120mm. Fasilitas pendukung dermaga untuk fender menggunakan fender CSS 1450 H tipe sell dengan raber grade 1.3 dan bollard tipe tee head dengan kapasitas 60 ton dengan jarak 16 meter. Berdasarkan perencanaan awal untuk membangun dermaga 1A/1B membutuhkan biaya untuk material sekitar USD 20,125,000.00 dan dengan menggunakan desain alternatif membutuhkan biaya untuk material sebesar USD 11,834,167.23 dengan demikian bisa mengurangi biava material sebesar USD 8,290,832.77.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 41108120011
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: RIZKY MIJKA EDELWEIS
Date Deposited: 21 Oct 2025 02:36
Last Modified: 21 Oct 2025 02:36
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/99545

Actions (login required)

View Item View Item