WIJAYA, HANI (2009) STRATEGI PENANGANAN ISU BLACK CAMPAIGN PEMANIS DAN PENGAWET BUATAN PADA PRODUK MINUMAN (OKKY JELLY DRINK) PT GARUDAFOOD PUTRA PUTRI JAYA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (968kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (657kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (801kB) |
||
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (804kB) |
||
|
Text (BAB VI)
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (604kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (465kB) |
||
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
PT GarudaFood Putra Putri Jaya adalah perusahaan dalam negeri yang menghasilkan aneka produk makanan dan minuman dengan beberapa merek seperti Kacang Garuda, Biskuit Gery, Minuman jelly Okky Jelly Drink dan lainnya. Terkait dengan penjualan produk, seringkali ditemui kendala pemasaran yang bukan berasal dari faktor produk itu sendiri tetapi isu negatif terhadap produk yang biasa disebut dengan black campaign sehingga mengganggu pencapaian penjualan. Okky Jelly Drink merupakan produk yang hingga kini masih sering terganggu oleh isu tersebut. Pertama kali isu ini muncul tahun 2006 telah menyebabkan penurunan pencapaian penjualan 41,3%, dan membutuhkan biaya kurang lebih Rp 5 milyar untuk menanggulanginya. Ternyata penaggulangan permasalahan ini belum dapat menyelesaikan masalah karena isu black campaign masih terus muncul meskipun dengan format yang sama. Di sisi lain, penanggulangannya harus disesuaikan dengan mempertimbangkan beberapa hal yang terkait. Atas hal tersebut muncul suatu pemikiran untuk menciptakan sebuah formulasi strategi yang tepat untuk mengatasi black campaign. DUAN MERC Dengan menetapkan skenario penanganan isu black campaign pemanis dan pengawet buatan berdasarkan pendekatan channel issu (saluran isu), stakeholder yang terlibat, dan person in-charge untuk membedakan tingkat eskalasi pergerakan isu. Selain itu proses edukasi masyarakat melalui open factory dan meningkatkan hubungan dengan media merupakan langkah strategis yang ditempuh oleh PT GarudaFood Putra Putri Jaya Dalam analisanya penulis menggunakan analisa deskriptif melalui studi dokumentasi dan depth interview Kata Kunci: black campaign, pemanis dan pengawet buatan, skenario penanganan
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| NIM/NIDN Creators: | 41607120036 |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Industri |
| Depositing User: | RIZKY MIJKA EDELWEIS |
| Date Deposited: | 17 Oct 2025 04:38 |
| Last Modified: | 17 Oct 2025 04:38 |
| URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/99400 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
