INTAN, LUCIA (2012) HUBUNGAN ANTARA KOMUNIKASI WORD OF MOUTH DENGAN SIKAP DAN PERILAKU KONSUMEN PRODUK JASA (SURVEI PADA PENGGUNA JASA TES POLA SIDIK JARI DI ALFA TALENT COACH). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
||
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
||
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (843kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Latar Belakang masalah utama penelitian ini adalah karena penerapan komunikasi WoM yang masih bersifat alamiah sehingga belum berfungsi optimal dan efektif dalam strategi pemasarannya; sehingga target penjualan selama ini belum tercapai, ditambah dengan adanya beberapa agen terancam tutup. Dengan demikian, maka Rumusan Masalahnya adalah: Apakah ada hubungan yang signifikan antara komunikasi WoM dengan sikap dan perilaku pengguna jasa tes pola sidik jari di Alfa Talent Coach? Kerangka pemikiran yang mendasari penelitian ini, bahwa Komunikasi WoM, merupakan salah satu bentuk Komunikasi Interpersonal yang mengambil model Proses Transaksional dalam teori Ilmu Komunikasi. Sedangkan WoM yang sudah ditingkatkan fungsinya dalam strategi pemasaran, dikenal dengan nama Word of Mouth Marketing (WoMM). Komunikasi WoM yang terjadi di antara pengguna tes pola sidik jari di AlfaTalent Coach ini ingin diketahui dan dianalisa apakah ada hubungannya dengan sikap dan perilaku pengguna tes. Metode penelitian dilakukan dengan pendekatan Positivistik dengan metodologi riset bersifat Kuantitatif, menggunakan metode riset Survey Eksplanatif; dan pengumpulan data dengan Kuesioner. Item-item dalam kuesioner melalui uji Validitas (Pearson's) dan Realibilitas (Cronbach Alpha) dan memakai skala Likert. Teknik sampling memakai Random Sampling Sederhana berjumlah 80 responden dari populasi 500 orang pengguna tes pola sidik jari di Alfa Talent Coach. Sedangkan untuk menganalisa data, dipakai Statistik Inferensial bersifat Asosiatif dengan uji korelasi Pearson's Correlation (Product Moment) menggunakan hipotesis. Kesimpulan yang didapat dari hasil penelitian ini adalah bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara komunikasi WoM dengan sikap dan perilaku konsumen produk jasa. Pengaruh keduanya baik terhadap sikap maupun perilaku adalah ke arah positif. Sedangkan saran untuk manajeman adalah agar dapat memakai komunikasi WoM yang sekarang ini masih bersifat alamiah menjadi WOMM, yang artinya dijadikan sebagai suatu alat pemasaran yang efektif dan berbiaya rendah untuk mendukung peningkatan penjualan. Kata Kunci adalah: Word of Mouth, sikap konsumen dan perilaku konsumen.
| Item Type: | Thesis (S2) |
|---|---|
| NIM/NIDN Creators: | 55206020012 |
| Uncontrolled Keywords: | Word of Mouth, sikap konsumen dan perilaku konsumen. |
| Divisions: | Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi |
| Depositing User: | Dede Muksin Lubis |
| Date Deposited: | 16 Oct 2025 02:40 |
| Last Modified: | 16 Oct 2025 02:40 |
| URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/99344 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
