KINASIH, RENI KARNO (2009) ANALISIS TINGKAT PELAYANAN & PENGEMBANGAN TERMINAL BANDARA (STUDI KASUS TERMINAL INTERNASIONAL BANDARA INTERNASIONAL SOEKARNO-HATTA). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (542kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (840kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (976kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
![]() |
Text (BAB VI)
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (579kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (509kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (538kB) |
Abstract
Transportasi udara pada dasarnya berkembang pesat, mengingat kelebihannya yang dapat menempuh perjalanan jauh dan merupakan alternatif yang paling masuk akal ketika waktu menjadi tuntutan. Bandara akhirnya menjadi salah satu gerbang penting keluar-masuk suatu negara. Mau tidak mau bandara harus berbenah berbagai sisi demi kepuasan pengguna moda transportasi udara. Perlu diperhatikan bahwa transisi penumpang dari sisi darat (land side) ke sisi udara (air side) berpusat di terminal. Dengan kata lain terminal adalah pusat kegiatan pengguna jasa, oleh sebab itu penting untuk dijaga kenyamanan terminal. Cara untuk mengetahui apakah suatu terminal masih layak dari segi luasan maka perlu diadakan analisa teknis luasan mengacu pada standar-standar FAA dan IATA, juga perlu diperhatikan persepsi penumpang terhadap Terminal (Importance-Performance Analysis). Tugas Akhir ini mengambil Terminal Internasional Bandara Soekarno-Hatta sebagai studi kasus. Setelah dilakukan Importance-Performance Analysis terhadap sembilan ruangan di Sub Terminal D dan F, diketahui bahwa Area Ruang Tunggu (Lobby Waiting Area) dan Restoran (Food and Beverage) menurut penumpang perlu diprioritaskan untuk diperluas. Dari hasil uji hipotesa dengan Chi Kwadrat diketahui bahwa Kantor Penjualan Tiket dan Pelayanan Penunjang (Airline Ticket Office (ATO) and Support Space) dan Ruang Terbuka (Concessions) tidak mempengaruhi kepentingan/kepuasan pengguna jasa, sedangkan ketujuh area lainnya mempengaruhi. Sementara itu hasil dari Analisa Teknik Luasan Terminal diketahui bahwa total kebutuhan luasan Subterminal 2D sebesar 51996,59m² berarti 24,16. m²/penumpang jam puncak dan Subterminal 2E 42906,64 m² berarti 24,6 m²/penumpang jam puncak. Kata kunci: terminal, terminal bandara, luasan terminal, kebutuhan luasan terminal, Importance-Performance Analysis.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
NIM/NIDN Creators: | 01103-017 |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | RIZKY MIJKA EDELWEIS |
Date Deposited: | 15 Oct 2025 03:21 |
Last Modified: | 15 Oct 2025 03:21 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/99286 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |