PERANCANGAN MULTIPLE IGNITION PADA KIJANG SERI 5K

PRANOTO, HADI (2008) PERANCANGAN MULTIPLE IGNITION PADA KIJANG SERI 5K. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (691kB)
[img] Text (DAFTRA PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Proses pembakaran dalam silinder mesin merupakan salah satu proses termodinamik yang termasuk dalam siklus otto yaitu siklus udara volume-konstan, siklus tersebut meliputi langkah isap yang merupakan proses tekanan-konstan, langkah kompresi yang merupakan proses isotropik, proses pembakaran volume konstan yang di anggap sebagai proses pengeluaran kalor pada volume- konstan, dan langkah buang yang merupkan proses tekanan-konstan. Proses pembakaran di lakukan dengan memberikan pengapian lewat busi pada akhir langkah pemampatan bahan bakar. Proses penyalaan api ini terjadi dalam gap kedua elektroda busi yang di beri beda tegangan cukup tinggi beda tegangan ini di hasilkan pada saat platina terbuka yaitu saat terjadinya pengisian dan pengosongan kapasitor/kondensator. Pengapian pada umumnya di lakukan hanya satu kali pada proses pembakaran tersebut, proses tersebut tidak menjamin semua bahan bakar di dalam silinder terbakar habis, untuk menambah jumlah prosentasi bahan bakar yang terbakar dilakukan dengan melakukan pengapian berulang (Multiple ignition) sehingga melalui cara ini diharapkan emisi gas buang dapat di tekan seminirnal mungkin dan torsi yang di hasilkan dari proses pembakaran tersebut diharapkan akan lebih besar. CFBGANA Proses pengapian ini di kendalikan oleh Rotor yang di rancang mempumyai dua sisi penghubung arus listrik dari sisi satu dan ke dua ke setiap busi sesuai dengan siklusnya.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 4130411-050
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: RIZKY MIJKA EDELWEIS
Date Deposited: 14 Oct 2025 04:07
Last Modified: 14 Oct 2025 04:07
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/99228

Actions (login required)

View Item View Item