RUDI, MUHAMMAD (2004) STRATEGI PEMASARAN PRODUK PENGOLAHAN SUSU MURNI PADA GABUNGAN KOPERASI SUSU SELURUH INDONESIA (G.K.S.I.) DALAM KASUS DISTRIBUSI DI INDONESIA. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (876kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (593kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (916kB) |
||
|
Text (BAB II)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
|
Text (BAB III)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text (BAB IV)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
|
Text (BAB V)
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (728kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (576kB) |
||
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (468kB) |
Abstract
Sesuai dengan Undang-undang No. 25 tentang Perkoperasian, Koperasi sebagai gerakan ekonomi rakyat maupun sebagai badan usaha berperan serta untuk mewujudkan masyarakat yang maju, adil dan makmur berdasarkan pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dalam tata perekonomian Nasional yang disusun sebagai usaha bersama berdasarkan atas asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi. Gabungan Koperasi Susu Indonesia adalah salah satu koperasi sekunder yang melakukan kegiatan usaha dibidang produksi pengolahan susu cair pateurisasi dimana proses produksinya dilaksanakan langsung oleh koperasi-koperasi primer yang ada didaerah. Dalam pemasaran produksi pengolahan susu GKSI konsep marketing sangat dominan, baik segmentasi, targeting dan potitioning, maupun calam kaitannya dengan empat bauran pemasaran (marketing Mix), yang hasrus dikembangkan terus menerus, untuk mempertahankan daya saing dan pasar yang dimiliki serta ditujunya. Dalam karya akhir ini diteliti peluang untuk pertumbuhan bisnis peersusuan di UNIVERSITAS Indonesia, dengan membuat analisa lingkungan usaha GKSI, schingga dapat MERCU BUANA diformulasikan alternatif strategi pemasaran dan dan stratejik bersaing yang dapat mempertahankan keberadaan produk susu GKSI secara efektif dipasar persusuan. Sebagai produsen dalam mengembangkan produknya maupun dalam pemasaran GKSI harus mampu memanfaatkan saluran distribusi secara efektif ditingkat retailer. Pasar produk susu maupun produk olahan mempunyai perbedaan karakteristik baik konsumennya maupun distribusinya, untuk itu studi ini akan melakukan analisa lingkungan usaha secara menyeluruh, baik pada tingkat ekternal maupun pada tingkat internal koperasi. Studi ini juga membahas bagaimana peluang pertumbuhan dan ancaman dari industri persusuan di Indonesia, serta bagaimana kekuatan dan kelemahan yang dimiliki koperasi dalam menghadapinya, sehingga pada akhirnya dapat diformulasikan strategi pemasaran dan strategi distribusi yang efektif serta saran saran yang membawa koperasi pada posisi untuk mengembangkan usahanya. Dari analisa lingkungan koperasi yang dilakukan menunjukkan bahwa perkembangan industri persusuan di Indonesia sudah pada posisi yang masih bisa berkembang dengan baik, hanya pengembangan pengetahuan konsumen mengenai pentingnya dan fungsinya produk olahan susu murni yang berkwalitas. Antisipasi trend dan pengembangan teknologi dan ilmu pengetahuan serta pemanfaatanya secara benar diharapkan akan mampu mengatasi kendala-kendala yang ada, sehingga pasar produk olahan susu murni di Indonesia akan memiliki prospek yarg menjanjikan dimasa mendatang Melihat keadaan pasar dan kekuatan-kekuatan yang dimiliki, GKSI disarankan melakukan investasi-investasi secara selektif untuk mengembangkan usahanya. Investasi yang disarankan adalah merintis jaringan distribusi yang terkontrol dan betul-betul menjadi Representative GKSI di Pasar persusun MERCU BUANA Menimbang ketatnya perkembangan pasar produk susu olahan dimasa mendatang, maka pemasar harus mampu mencari alternatif pemasaran yang dapat meningkatkan kinerja penjualan, serta menjadikan salah satu basis trategi untuk bersaing secara kompetitif di pasar Indonesia.
| Item Type: | Thesis (S2) |
|---|---|
| NIM/NIDN Creators: | 13102-047 |
| Divisions: | Pascasarjana > Magister Manajemen |
| Depositing User: | RIZKY MIJKA EDELWEIS |
| Date Deposited: | 10 Oct 2025 07:08 |
| Last Modified: | 10 Oct 2025 07:08 |
| URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/99002 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
