LUKMAN, H. (2004) ANALISA PENGARUH KEΡΕΜΙΜΡΙΝΑN DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP PELAYANAN PADA BIRO UMUM SEKRETARIAT JENDERAL DEPARTEMEN AGAMA. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (790kB) |
||
|
Text (BAB II)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
|
Text (BAB III)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (952kB) |
||
|
Text (BAB IV)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text (BAB V)
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
|
Text (BAB VI)
BAB 6.pdf Restricted to Registered users only Download (589kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (533kB) |
||
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
H. LUKMAN, SH, Analisis Pengaruh Kepemimpinan dan Disiplin Kerja Terhadap Pelayanan pada Biro Umum Sekretariat Jenderal Departemen Agama. Pegawai sebagai sumberdaya merupakan asset yang sangat penting bagi setiap organisasi, karena peranannya sangat menentukan berhasil tidaknya organisasi dalam mencapai tujuannya. Guna mewujudkan pegawai yang mempunyai disiplin yang tinggi dan berprestasi baik, maka pegawai perlu dikembangkan dengan segala potensi yang dimilikinya, baik untuk pegawai baru maupun pegawai yang sudah lama bekerja. Berdasarkan uraian latar belakang masalah di atas, maka masalah penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut: 1) Adakah pengaruh kepemimpinan terhadap pelayanan pada Biro Umum Sekretariat Jenderal Departemen Agama ? 2) Adakah pengaruh disiplin kerja terhadap pelayanan pada Biro Umum Sekretariat Jenderal Departemen Agama ? 3) Bagaimana pengaruh kepemimpinan dan disiplin kerja terhadap pelayanan pada Biro Umum Sekretariat Jenderal Departemen Agama ? Adapun tujuan penulisan ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan terhadap pelayanan pada Biro Umum Sekretariat Jenderal Departemen Agama. 2) Untuk mengetahui pengaruh disiplin kerja pada Biro Umum Sekretariat Jenderal Departemen Agama. 3) Untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan dan disiplin kerja terhadap pelayanan pada Biro Umum Sekretariat Jenderal Departemen Agama. Kesimpulan: 1) Bahwa kepemimpinan yang ada di Biro Umum Sekretariat Jenderal Departemen Agama mempunyai tiga peranan manajemen yang harus dilaksanakan oleh pimpinan, peranan-peranan itu adalah Peranan Hubungan Antar Pribadi (Interpersonal Role), Peranan Yang Berhubungan Dengan Informasi (Informational Role), Peranan Pembuat Keputusan (Decisional Role). Sehingga dengan adanya peranan tersebut, pelayanan yang ada di organisasi akan meningkat. 2) Metode penilaian disiplin kerja yang dilakukan pada Biro Umum Sekretariat Jenderal Departemen Agama mencakup kesetiaan, loyalitas, kejujuran, disiplin kerja, sikap dan tugas, sikap terhadap lingkungan kerja, tanggung jawab, inisiatif kerja dan kerja sama. Dengan adanya faktor tersebut, pelayanan akan meningkat sehingga apa yang menjadi tujuan organisasi tercapai. 3) Pada pengujian hipotesis, maka variabel XI (kepemimpinan) dan variabel X2 (disiplin kerja) berpengaruh nyata terhadap pelayanan karena t hitung-nya > t tabel, hasil F hitung diperoleh nilai yang lebih besar daripada F tabel maka Ho ditolak dan H, diterima yang berarti bahwa terdapat pengaruh secara bersama-sama antara variabel X1 (kepemimpinan) dan varibel X2 (disiplin kerja) terhadap pelayanan.
| Item Type: | Thesis (S2) |
|---|---|
| NIM/NIDN Creators: | 03103-004 |
| Divisions: | Pascasarjana > Magister Manajemen |
| Depositing User: | RIZKY MIJKA EDELWEIS |
| Date Deposited: | 10 Oct 2025 03:42 |
| Last Modified: | 10 Oct 2025 03:42 |
| URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/98978 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
