ANALISA POWER LOSS PADA ENGINE BUS HINO R260 AKIBAT KESALAHAN PEMINDAHAN GIGI YANG MENGAKIBATKAN LACK OFF POWERr

MUHAMMAD BERRY AKBAR, MUHAMMAD BERRY AKBAR (2015) ANALISA POWER LOSS PADA ENGINE BUS HINO R260 AKIBAT KESALAHAN PEMINDAHAN GIGI YANG MENGAKIBATKAN LACK OFF POWERr. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
Hal Cover.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (97kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (702kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (844kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
Hal Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)

Abstract

Pada pengemudian bus besar salah satunya bus Hino R260, banyak dari pengemudi yang mengoperasikannya tidak sesuai dengan pengemudian standard bus. Salah satu dampak yang terjadi adalah kurangnya daya engine yang dibutuhkan bus atau yang disebut dengan kondisi lack off power. Uji jalan dilakukan oleh empat pengemudi dengan masing-masing mengoperasikan satu bus Hino R260 dan didampingi oleh penulis, melakukan pencatatan nilai RPM engine tertinggi dan kecepatan maksimal disetiap posisi gigi transmisi. Data hasil pengujian kemudian dihitung dan selanjutnya dianalisa dengan membandingkan data hasil uji masing-masing bus dengan data pengemudian standard bus Hino R260 dan diperoleh power loss engine sebagai berikut: Pengemudi A : gigi 1 sebesar 0,27 %, gigi 6 sebesar 23,72 %. Pengemudi B : gigi 1 sebesar 0,09 %, gigi 6 sebesar 32,83 %. Pengemudi C : gigi 1 sebesar 0,27 %, gigi 6 sebesar 23,7 %. Pengemudi D : gigi 1 sebesar 0,09 %, gigi 6 sebesar 12,43 %. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa rata-rata power loss engine terendah terjadi pada saat pengoperasian gigi transmisi 1 dan rata-rata power loss engine tertinggi terjadi pada saat pengoperasian gigi transmisi 6.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/MSN. 15 047
NIM/NIDN Creators: 41309010044
Uncontrolled Keywords: engine, lack off power, transmisi
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics/Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika > 515 Analysis, Theory of Functions/Analisis, Teori Fungsi > 515.7 Functional Analysis/Analisa Fungsional
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 621 Applied Physics/Fisika terapan > 621.8 Machine Engineering, Machinery/Teknik Mesin
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 653 Shorthand/Penulisan Cepat, Penulisan dengan Tangan > 653.3 Machine Systems/Sistem Mesin
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 23 Aug 2015 15:12
Last Modified: 04 Apr 2024 05:07
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/9819

Actions (login required)

View Item View Item