Ramadani, Putri (2025) PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN DAN TAMPILAN PRODUK TERHADAP PEMBELIAN ULANG MELALUI KEPUASAN PEMBELIAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA APLIKASI TIKTOK SHOP. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta - Menteng.
![]() |
Text (Cover)
55121120068-PUTRI RAMADANI-01 COVER - Putri Ramadani.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB I)
55121120068-PUTRI RAMADANI-02 BAB 1 - Putri Ramadani.pdf Restricted to Registered users only Download (957kB) |
![]() |
Text (BAB II)
55121120068-PUTRI RAMADANI-03 BAB 2 - Putri Ramadani.pdf Restricted to Registered users only Download (745kB) |
![]() |
Text (BAB III)
55121120068-PUTRI RAMADANI-04 BAB 3 - Putri Ramadani.pdf Restricted to Registered users only Download (536kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
55121120068-PUTRI RAMADANI-05 BAB 4 - Putri Ramadani.pdf Restricted to Registered users only Download (988kB) |
![]() |
Text (BAB V)
55121120068-PUTRI RAMADANI-06 BAB 5 - Putri Ramadani.pdf Restricted to Registered users only Download (362kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
55121120068-PUTRI RAMADANI-07 DAFTAR PUSTAKA - Putri Ramadani.pdf Restricted to Registered users only Download (269kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
55121120068-PUTRI RAMADANI-08 LAMPIRAN - Putri Ramadani.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh komunikasi pemasaran dan tampilan produk terhadap pembelian ulang, baik secara langsung maupun melalui kepuasan pembelian sebagai variabel mediasi, pada platform e-commerce TikTok. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi pada penelitian ini adalah Costumer atau pembeli produk di tiktok. Jumlah sampel yang digunakan adalah 200 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik G Power. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis jalur melalui program Partial Least Square (PLS) menggunakan software SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi pemasaran yang efektif dan tampilan produk yang menarik berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian ulang konsumen. Selain itu, kepuasan pembelian terbukti memiliki peran penting, baik sebagai variabel independen yang memengaruhi pembelian ulang, maupun sebagai mediator yang memperkuat pengaruh komunikasi pemasaran dan tampilan produk terhadap pembelian ulang. Temuan ini memperkuat teori komunikasi pemasaran terpadu, teori persepsi visual konsumen, serta teori kepuasan konsumen, yang menekankan pentingnya penyampaian pesan yang konsisten, tampilan visual produk yang sesuai ekspektasi, dan kepuasan sebagai faktor kunci dalam membangun loyalitas konsumen di era digital. This study aims to analyze the influence of marketing communications and product displays on repeat purchases, both directly and through purchase satisfaction as a mediating variable, on the TikTok e-commerce platform. This study employed a quantitative method with data collection using a questionnaire. The population was customers or product buyers on TikTok. The sample size was 200 respondents. Sampling was conducted using the G-Power technique. Data analysis employed descriptive analysis and path analysis using the Proportion of Least Squares (PLS) program using SmartPLS 4 software. The results indicate that effective marketing communications and attractive product displays have a positive and significant effect on consumer repeat purchases. Furthermore, purchase satisfaction has been shown to play a significant role, both as an independent variable influencing repeat purchases and as a mediator strengthening the influence of marketing communications and product displays on repeat purchases. These findings reinforce integrated marketing communications theory, consumer visual perception theory, and consumer satisfaction theory, which emphasize the importance of consistent messaging, product visual displays that meet expectations, and satisfaction as key factors in building consumer loyalty in the digital age.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
NIM/NIDN Creators: | 55121120068 |
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Pemasaran, Tampilan Produk, Kepuasan Pembelian, Pembelian Ulang, E-Commerce Tiktok. Marketing Communication, Product Display, Purchase Satisfaction, Repeat Purchase, TikTok E-Commerce. |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Manajemen |
Depositing User: | ZAIRA ELVISIA |
Date Deposited: | 17 Sep 2025 02:39 |
Last Modified: | 17 Sep 2025 02:39 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/97980 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |