PENGARUH KEAMANAN INFORMASI, KEMUDAHAAN YANG DIRASAKAN PENGGUNA DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN APLIKASI M BANKING NEO BANK MELALUI KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

Lutfi, Ridwan (2025) PENGARUH KEAMANAN INFORMASI, KEMUDAHAAN YANG DIRASAKAN PENGGUNA DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN APLIKASI M BANKING NEO BANK MELALUI KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta - Menteng.

[img] Text (COVER)
55121120108-Ridwan Lutfi- 01 Cover - ridwan lutfi.pdf

Download (680kB)
[img] Text (BAB I)
55121120108-Ridwan Lutfi- 02 Bab 1 - ridwan lutfi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[img] Text (BAB II)
55121120108-Ridwan Lutfi-03 Bab 2 - ridwan lutfi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[img] Text (BAB III)
55121120108-Ridwan Lutfi-04 Bab 3 - ridwan lutfi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)
[img] Text (BAB IV)
55121120108-Ridwan Lutfi-05 Bab 4 - ridwan lutfi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (586kB)
[img] Text (BAB V)
55121120108-Ridwan Lutfi-06 Bab 5 - ridwan lutfi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (43kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
55121120108-Ridwan Lutfi-07 Daftar Pustaka - ridwan lutfi (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
55121120108-Ridwan Lutfi-08 Lampiran - ridwan lutfi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (790kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Keamanan Informasi, Kemudahaan Yang Dirasakan Pengguna dan Brand Image terhadap Keputusan Penggunaan Aplikasi M Banking Neo Bank melalui Kepercayaan sebagai Variabel Mediasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif Survei kausal, dimana variabel yang digunakan dalam penelitian ini meliputi 3 (tiga) variabel independen yaitu kemudahaan yang dirasakan pengguna, keamanan informasi dan citra merek, sedangkan variabel dependen adalah Keputusan Penggunaan dengan jumlah responden sebanyak 183 responden. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan metode Partial Least Squere (PLS) yang menggunakan SmartPLS 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keamanan informasi, kemudahan penggunaan, citra merek, dan kepercayaan berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan penggunaan aplikasi. Keamanan informasi dan kemudahan penggunaan tidak hanya meningkatkan keputusan penggunaan secara langsung, tetapi juga melalui peningkatan kepercayaan pengguna. Demikian pula, citra merek yang positif mampu membangun kepercayaan, yang pada gilirannya mendorong keputusan penggunaan. Kepercayaan terbukti menjadi faktor penting yang memediasi pengaruh variabel-variabel tersebut, sehingga semakin tinggi tingkat keamanan, kemudahan, dan citra merek, semakin besar kecenderungan pengguna untuk menggunakan aplikasi secara aktif dan berkelanjutan. This study aims to determine the Influence of Information Security, Perceived Ease of Use of the Mobile Banking Application by Users and Brand Image on the Decision to Use the Neo Bank Mobile Banking Application through Trust as an Intervening Variable. The research method used is a quantitative causal survey method, where the variables used in this study include 3 (three) independent variables, namely perceived ease of use, information security and brand image, while the dependent variable is the Decision to Use with a total of 183 respondents. Data analysis used in this study is the Partial Least Square (PLS) method using SmartPLS 3. The results of the study indicate that information security, ease of use, brand image, and trust have a significant positive effect on the decision to use the application. Information security and ease of use not only increase the decision to use directly, but also through increasing user trust. Similarly, a positive brand image is able to build trust, which in turn encourages the decision to use. Trust is proven to be an important factor that mediates the influence of these variables, so that the higher the level of security, ease, and brand image, the greater the tendency of users to use the application actively and continuously.

Item Type: Thesis (S2)
NIM/NIDN Creators: 55121120108
Uncontrolled Keywords: Keamanan Informasi, Kemudahan Penggunaan, Citra Merek, Kepercayaan, Keputusan Penggunaan, M-Banking, Neo Bank, Partial Least Squares (PLS), SmartPLS 3. Information Security, Ease of Use, Brand Image, Trust, Usage Decision, MBanking, Neo Bank, Partial Least Squares (PLS), SmartPLS 3
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Maulana Arif Hidayat
Date Deposited: 16 Sep 2025 02:47
Last Modified: 16 Sep 2025 02:47
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/97915

Actions (login required)

View Item View Item