EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ALAT INOVASI PENGHITUNG EMISI KARBON PADA MOTOR ICE YANG DI KONVERSI MENJADI MOTOR LISTRIK BERBASIS BATERAI

ARVISYAH, DIAR (2025) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ALAT INOVASI PENGHITUNG EMISI KARBON PADA MOTOR ICE YANG DI KONVERSI MENJADI MOTOR LISTRIK BERBASIS BATERAI. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (449kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[img] Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (692kB)
[img] Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (588kB)
[img] Text (BAB IV)
05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB)
[img] Text (BAB V)
06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (606kB)

Abstract

The conversion of Internal Combustion Engine (ICE) fueled motorcycles to batterybased electric motors is one of the strategic steps to reduce carbon emissions that have a negative impact on the environment. The main challenge is to accurately measure the amount of carbon emission savings after conversion. This research aims to illustrate the effectiveness of an innovative carbon emission counter tool designed specifically for converted motors, with a focus on accuracy, consistency, and ease of use. The research method was conducted through field testing on a converted electric motorcycle with a total mileage of 136.07 km. The tool is equipped with a GPS module to record mileage, then calculate carbon emission savings based on a fuel emission factor of 0.07057 kg CO₂/km. The data from the tool is compared with manual calculations using the standard emission factor formula. Tests were conducted on different routes and road conditions to assess data stability. The results show that the tool is able to display real-time carbon emission savings data with a high level of accuracy. Based on testing, the carbon emission savings obtained were 9.60 kg CO₂, with an impact on climate of 0.435 and a reduction in air pollutants of 0.004. The conclusion of this research is that the carbon emission counter innovation tool is effectively used to monitor carbon emission savings on electric conversion motors. Keywords: Carbon emission, Electric motor conversion, Emission counter device. Konversi sepeda motor berbahan bakar Internal Combustion Engine (ICE) menjadi motor listrik berbasis baterai merupakan salah satu langkah strategis untuk mengurangi emisi karbon yang berdampak negatif terhadap lingkungan. Tantangan utama yang dihadapi adalah mengukur secara akurat besarnya penghematan emisi karbon setelah konversi. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran efektivitas alat inovasi penghitung emisi karbon yang dirancang khusus untuk motor hasil konversi, dengan fokus pada akurasi, konsistensi, dan kemudahan penggunaan. Metode penelitian dilakukan melalui pengujian lapangan pada motor listrik hasil konversi dengan total jarak tempuh 136,07 km. Alat dilengkapi module GPS untuk mencatat jarak tempuh, kemudian menghitung penghematan emisi karbon berdasarkan faktor emisi bahan bakar sebesar 0,07057 kg CO₂/km. Data hasil alat dibandingkan dengan perhitungan manual menggunakan rumus faktor emisi standar. Pengujian dilakukan pada rute dan kondisi jalan yang berbeda untuk menilai stabilitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat mampu menampilkan data penghematan emisi karbon secara real-time dengan tingkat akurasi tinggi. Berdasarkan pengujian, penghematan emisi karbon yang diperoleh sebesar 9,60 kg CO₂, dengan dampak terhadap iklim sebesar 0,435 dan pengurangan polutan udara sebesar 0,004. Kesimpulan dari penelitian ini adalah alat inovasi penghitung emisi karbon efektif digunakan untuk memantau penghematan emisi karbon pada motor konversi listrik, serta dapat menjadi acuan dalam mendukung program pengurangan emisi kendaraan bermotor. Kata Kunci : Emisi karbon, Konversi motor listrik, Alat penghitung emisi.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/MSN. 25 070
NIM/NIDN Creators: 41321010044
Uncontrolled Keywords: Emisi karbon, Konversi motor listrik, Alat penghitung emisi
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 152 Sensory Perception, Movement, Emotions, Physiological Drives/Psikologi Fisiologis > 152.3 Movement and Motor Functions/Fungsi Gerak dan Motorik > 152.38 Special Motor Functions/Fungsi Motor Khusus
500 Natural Science and Mathematics/Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 530 Physics/Fisika > 537 Electricity/Fisika Listrik > 537.6 Electrodinamics, Electric Current/Elektrodinamik, Arus Listrik
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 621 Applied Physics/Fisika terapan > 621.8 Machine Engineering, Machinery/Teknik Mesin
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 629 Other Branches of Engineering/Cabang Teknik Lainnya > 629.2 Motor Land Vehicles and Cycles Engineering/Teknik Kendaraan Bermotor dan Teknik Sepeda
600 Technology/Teknologi > 660 Chemical Engineering and Related Technologies/Teknologi Kimia dan Ilmu yang Berkaitan > 662 Technology Of Explosives, Fuels, Related Products, Firework, Pyrotechnics/Teknologi Industri Bahan Peledak,Bahan Bakar,Teknologi Petasan, Piroteknik > 662.9 Nonfuel Carbons/Industri Karbon Bukan Bahan Bakar
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 25 Aug 2025 09:02
Last Modified: 25 Aug 2025 09:02
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/97096

Actions (login required)

View Item View Item