STRATEGI PUBLIC RELATIONS BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL KESEHATAN CABANG JAKARTA BARAT DALAM MEMBENTUK CITRA ORGANISASI (Studi Kasus Sosialisasi Mobile JKN)

AISY, SALSABILA RAHADATUL (2025) STRATEGI PUBLIC RELATIONS BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL KESEHATAN CABANG JAKARTA BARAT DALAM MEMBENTUK CITRA ORGANISASI (Studi Kasus Sosialisasi Mobile JKN). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (583kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB)
[img] Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[img] Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[img] Text (BAB IV)
05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (596kB)
[img] Text (BAB V)
06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Mobile JKN is part of the application-based JKN program. The creation of Mobile JKN is to facilitate the administration process and services. Factors preventing participants from registering a Mobile JKN account include personal data input errors, internet connection interruptions, application outages, phone numbers and emails according to the masterfile, face verification not as directed, and unfamiliarity with digital features. Complaints, challenges, and changes in public perceptions of Mobile JKN services are gaps in education and the generated image based on the public relations function of the BPJS Kesehatan West Jakarta Branch. This study aims to analyze the public relations strategy applied to forming organizational image through socialization. The paradigm uses post-positivism, which is deeper into the interpretation of meaning from the verification process of the data collected. The research approach uses Robert K. Yin's qualitative. The case study research method via interviews and observation. The research used the theory of public relations strategy proposed by Cutlip, Center, and Broom explains four stages as key elements. The results show that direct and online socialization are carried out routinely by engaging external parties to attract participants and increase Mobile JKN users. Direct socialization is more effective in the middle-aged group by using interpersonal media in the form of face-to-face, flyers, and leaflets as communication media to the target characteristics. The result of these activities is the establishment of an institutional image of BPJS Kesehatan West Jakarta Branch based on product or service quality, good industrial relations, and commitment to research. Keywords: Government Public Relations, Mobile JKN, Organizational Image, Public Relations Strategy, Sosialization Mobile JKN merupakan bagian dari program JKN yang berbasis aplikasi. Terciptanya Mobile JKN untuk memudahkan proses administrasi dan layanan dari sistem konvensional. Faktor-faktor penyebab peserta gagal membuat akun Mobile JKN di antaranya kesalahan input data pribadi, gangguan koneksi internet, aplikasi yang versinya belum diperbarui, belum verifikasi nomor telepon dan email sesuai masterfile, verifikasi wajah yang tidak sesuai intruksi, hingga ketidaktahuan penggunaan fitur digital. Keluhan, tantangan, serta perubahan persepsi masyarakat terkait layanan Mobile JKN menjadi celah dalam edukasi dan citra yang dihasilkan berdasarkan fungsi public relations bagi BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Barat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi public relations yang diterapkan pada pembentukan citra organisasi melalui sosialisasi. Paradigma yang digunakan adalah post-positivisme yang analisis lebih dalam melalui interpretasi makna dari proses verifikasi hasil temuan data-data yang terkumpulkan. Pendekatan penelitian mengunakan kualitatif. Metode penelitian studi kasus dari Robert K. Yin. Pengambilan data melalui teknik wawancara dan observasi. Penelitian menggunakan teori strategi public relations yang dikemukakan oleh Cutlip, Center, dan Broom menjelaskan empat tahapan sebagai elemen kunci mencapai tujuan program. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sosialisasi langsung dan online rutin dilaksanakan dengan melibatkan pihak eksternal untuk menarik jangkauan peserta dan meningkatkan pengguna Mobile JKN. Sosialisasi langsung lebih efektif bagi kelompok orang tua pertengahan (middle age) dengan menggunakan media interpersonal berupa tatap muka, flyer, dan leaflet sehingga dapat diartikan sebagai medium komunikasi yang selaras dengan karakteristik target. Hasil citra dari kegiatan tersebut adalah pembentukan citra perusahaan atau citra lembaga yang didasari kualitas produk atau jasa, hubungan industri yang baik, dan komitmen menjalankan riset. Kata Kunci: Citra Organisasi, Mobile JKN, Public Relations Pemerintah, Sosialisasi, Strategi Public Relations

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 25 105
NIM/NIDN Creators: 44221010140
Uncontrolled Keywords: Citra Organisasi, Mobile JKN, Public Relations Pemerintah, Sosialisasi, Strategi Public Relations
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 303 Social Process/Proses Sosial > 303.3 Coordination and Control/Koordinasi dan Kontrol > 303.32 Sosialization/Sosialisasi
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 350 Public Administration and Military Science/Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran > 353 Specific Field of Public Administration/Administrasi Negara yang Membawahi Bidang Khusus, Departemen > 353.6 Administration of Health Services/Departemen Kesehatan (Depkes)
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 28 May 2025 02:34
Last Modified: 28 May 2025 02:34
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/95653

Actions (login required)

View Item View Item