Heriyana, Elsa Putri (2025) MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN KESADARAN MEREK PADA UMKM SEBOTOL. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta - Menteng.
![]() |
Text (COVER)
43121010426-Elsa Putri Heriyana-01 Cover - elsa putri.pdf Download (206kB) |
![]() |
Text (BAB I)
43121010426-Elsa Putri Heriyana-02 Bab 1 - elsa putri.pdf Restricted to Registered users only Download (121kB) |
![]() |
Text (BAB II)
43121010426-Elsa Putri Heriyana-03 Bab 2 - elsa putri.pdf Restricted to Registered users only Download (310kB) |
![]() |
Text (BAB III)
43121010426-Elsa Putri Heriyana-04 Bab 3 - elsa putri.pdf Restricted to Registered users only Download (679kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
43121010426-Elsa Putri Heriyana-05 Bab 4 - elsa putri.pdf Restricted to Registered users only Download (844kB) |
![]() |
Text (BAB V)
43121010426-Elsa Putri Heriyana-06 Bab 5 - elsa putri.pdf Restricted to Registered users only Download (91kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
43121010426-Elsa Putri Heriyana-08 Daftar Pustaka - elsa putri.pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
43121010426-Elsa Putri Heriyana-09 Lampiran - elsa putri.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Proyek ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial terhadap peningkatan Brand Awareness pada UMKM Sebotol. UMKM memiliki peran krusial dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan industri pada suatu negara terutama di Indonesia. Namun, adanya kemajuan teknologi informasi telah menyebabkan transformasi pemasaran menjadi digital. Transformasi ini mengharuskan pelaku UMKM untuk beradaptasi agar dapat memaksimalkan proses pemasaran dan penjualan produk serta mampu bersaing dengan kompetitor. UMKM Sebotol adalah salah satu pelaku usaha yang menghadapi permasalahan tersebut. UMKM Sebotol terletak di daerah Kota Bambu Selatan, Slipi, Jakarta Barat dan menjual produk berupa minuman tradisional khas Indonesia yang belum optimal menerapkan strategi pemasaran pada media sosial. Konsep yang digunakan pada proyek manajemen media sosial ini adalah SDLC (System Development Life Cycle) dengan metode pendekatan Waterfall. Hasil dari proyek media sosial ini menunjukkan bahwa pengelolaan serta perencanaan strategi media sosial yang dilakukan seorang content creator memberikan dampak yang signifikan terhadap perkembangan UMKM, tingkat pengenalan merek, serta penjualan UMKM Sebotol. Melalui perencanaan strategi pemasaran yang efektif, media sosial dapat menjadi alat pemasaran yang efektif dalam mengembangkan usaha. The project aims to understand the impact of social media on improving Brand Awareness for MSME Sebotol. MSME has a crucial role in boosting economic and industrial growth in a country, especially in Indonesia. However, advances in information technology have led to the transformation of marketing into digital. This transformation requires MSME players to adapt to maximize the marketing process and product sales and to be able to compete with competitors. MSME Sebotol is one of the businessmen facing the problem. MSME Sebotol is located in the area of Bambu South, Slipi, West Jakarta, and sells traditional Indonesian beverage products that have not optimally implemented marketing strategies on social media. The concept used in this social media management project is the SDLC (System Development Life Cycle) with the Waterfall approach. The results of this social media project show that the management and planning of social media strategies does have a significant impact on the development of MSME, brand recognition, and sales. Through effective marketing strategies, social media can become an effective marketing tool in developing enterprises.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
NIM/NIDN Creators: | 43121010426 |
Uncontrolled Keywords: | UMKM, Pengoptimalan Media Sosial, Meningkatkan Brand Awareness, SDLC (System Development Life Cycle), Content Creator. MSME, Social Media Optimization, Increasing Brand Awareness, SDLC (System Development Life Cycle), content creator. |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | NAIMAH NUR ISLAMIDIYANAH |
Date Deposited: | 16 May 2025 03:59 |
Last Modified: | 26 May 2025 04:43 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/95517 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |