YOFIZAR, MUHAMMAD YUSUF (2025) ANALISIS PENGARUH KERUSAKAN JALAN TERHADAP KINERJA RUAS JALAN BENTENG BETAWI, KOTA TANGERANG, BANTEN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf Download (487kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
02 Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
03 Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
04 Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (409kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
05 Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
06 Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (177kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (208kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
08 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (774kB) |
Abstract
Road damage is a problem that can affect traffic performance and road user safety. Jalan Benteng Betawi, Tangerang City, Banten is a rigid pavement road and is a main route with high traffic density. However, the condition of the road experiences various forms of damage such as cracks, potholes, and surface subsidence due to heavy vehicle activity and lack of optimal maintenance. To evaluate the condition of the road, this study used the Pavement Condition Index (PCI) method from ASTM D 6433 to determine the level of road damage and the PKJI 2023 method to analyze traffic performance based on degree of saturation and level of service. The results show that the average PCI value of the road segment from Tanah Tinggi Station to 2.3 km is 70, which is categorized as “Fair”. Some segments are more severely damaged with the “Poor” category, such as the STA 1+000 - 1+100 segment which has a PCI value of 55. The road performance analysis shows that on weekdays, particularly Monday at 16:30 - 17:30, the degree of saturation (DS) reaches the highest value of 1.19 (category F) at Post 1, indicating unstable traffic flow and significant congestion. Post 2 and Post 3 also experienced similar conditions with the dominance of level of service categories D to F, indicating that the road capacity is not able to accommodate the volume of vehicles optimally. These findings imply that road deterioration increases the degree of saturation and decreases the level of service. The results of the road damage repair solution using the PASER 2002 method are dominated by patches for each damage, for STA 1+000 – 1+100 with PCI "Poor" results, structural repairs are required to repair the road in that segment. Keywords: Road Damage, Road Maintenance, Pavement Condition Index (PCI), ASTM D 6433-07, PASER Manual (2002), Road Performance, PKJI 2023. Kerusakan jalan merupakan permasalahan yang dapat memengaruhi kinerja lalu lintas dan keselamatan pengguna jalan. Jalan Benteng Betawi, Kota Tangerang, Banten merupakan jalan dengan perkerasan kaku (rigid pavement) dan merupakan jalur utama dengan tingkat kepadatan lalu lintas yang tinggi. Namun, kondisi jalan mengalami berbagai bentuk kerusakan seperti retakan, lubang, dan penurunan permukaan akibat aktivitas kendaraan berat serta kurangnya pemeliharaan yang optimal. Untuk mengevaluasi kondisi jalan, penelitian ini menggunakan metode Pavement Condition Index (PCI) dari ASTM D 6433 guna menentukan tingkat kerusakan jalan serta metode PKJI 2023 untuk menganalisis kinerja lalu lintas berdasarkan derajat kejenuhan dan tingkat pelayanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai PCI ruas jalan dari Stasiun Tanah Tinggi hingga sepanjang 2,3 km adalah 70, yang dikategorikan sebagai "Fair". Beberapa segmen mengalami kerusakan lebih parah dengan kategori "Poor", seperti segmen STA 1+000 – 1+100 yang memiliki nilai PCI sebesar 55. Analisis kinerja jalan menunjukkan bahwa pada hari kerja, khususnya Senin pukul 16:30 - 17:30, derajat kejenuhan (DS) mencapai nilai tertinggi sebesar 1,19 (kategori F) pada Pos 1, yang menunjukkan arus lalu lintas tidak stabil dan kemacetan signifikan. Pos 2 dan Pos 3 juga mengalami kondisi serupa dengan dominasi tingkat pelayanan kategori D hingga F, menandakan bahwa kapasitas jalan tidak mampu menampung volume kendaraan secara optimal. Temuan ini mengimplikasikan bahwa kerusakan jalan meningkatkan derajat kejenuhan dan menurunkan tingkat pelayanan. Hasil dari solusi perbaikan kerusakan jalan dengan menggunakan metode PASER 2002 didominasi dengan tambalan pada tiap-tiap kerusakan, untuk STA 1+000 – 1+100 dengan hasil PCI “Poor” diperlukan perbaikan struktur untuk memperbaiki jalan pada segmen tersebut. Kata Kunci: Kerusakan Jalan, Pemeliharaan Jalan, Pavement Condition Index (PCI), ASTM D 6433-07,PASER Manual (2002), Kinerja Jalan, PKJI 2023.
Actions (login required)
![]() |
View Item |