Syahputra, Andre (2025) PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN MELALUI OPTIMALISASI MEDIA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN UMKM DI BIDANG PAKAIAN ANAK (STUDI KASUS PADA ADR KIDS DI KOTA TANGERANG) PROYEK MEDIA SOSIAL. S1 thesis, Universitas Mercu Buana-Menteng.
![]() |
Text (COVER)
43121010202 - Andre Syahputra - 01 Cover - Andre Syahputra.pdf Restricted to Registered users only Download (382kB) |
![]() |
Text (BAB I)
43121010202 - Andre Syahputra - 02 Bab 1 - Andre Syahputra.pdf Restricted to Registered users only Download (286kB) |
![]() |
Text (BAB II)
43121010202 - Andre Syahputra - 03 Bab 2 - Andre Syahputra.pdf Restricted to Registered users only Download (392kB) |
![]() |
Text (BAB III)
43121010202 - Andre Syahputra - 04 Bab 3 - Andre Syahputra.pdf Restricted to Registered users only Download (510kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
43121010202 - Andre Syahputra - 05 Bab 4 - Andre Syahputra.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB V)
43121010202 - Andre Syahputra - 06 Bab 5 - Andre Syahputra.pdf Restricted to Registered users only Download (169kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
43121010202 - Andre Syahputra - 08 Daftar Pustaka - Andre Syahputra.pdf Restricted to Registered users only Download (196kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
43121010202 - Andre Syahputra - 09 Lampiran - Andre Syahputra.pdf Restricted to Registered users only Download (985kB) |
Abstract
This study aims to determine the effect of social media on sales at ADR Kids MSMEs. MSMEs are included in the trade sector which plays an irreplaceable role and contributes tremendous contributions to the Indonesian economy. However, one of the problems experienced by MSMEs is not optimizing social media effectively. ADR Kids MSME is a type of business engaged in online children's clothing located in Tangerang City that does not optimize marketing strategies with social media to affect sales. The concept used is SMAC (Social, Mobile, Analysis, and Cloud) in social media projects. Social media platforms use Instagram, Tiktok, and Facebook as a means of promoting ADR Kids MSME products. Tools in content using Canva, Capcut, Google Drive, Google Spreadsheet, Microsoft Word, Mendeley, Power Point, and Publish Or Perish. Types of content display and features in content creation planning include product knowledge, education, information, testimonials, and interaction. The results of the social media project as a leader show effective performance and team management. This is based on determining the vision and mission, division of team jobdesc, team coordinators and partners, and performance assessment through team management KPIs that have an effect on increasing reach, and customer engagement and sales growth of ADR Kids MSMEs. With effective team management, social media can be a powerful marketing tool for MSMEs in the face of competition. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial terhadap penjualan pada UMKM ADR Kids. UMKM termasuk ke dalam sektor perdagangan yang memainkan peran tidak terganti dan menyumbangkan kontribusi luar biasa terhadap perekonomian Indonesia. Namun, salah satu permasalahan yang dialami oleh UMKM adalah tidak mengoptimalkan media sosial secara efektif. UMKM ADR Kids merupakan suatu jenis usaha bergerak di bidang pakaian anak secara online berlokasi di Kota Tangerang yang tidak mengoptimalkan strategi pemasaran dengan media sosial mempengaruhi penjualan. Konsep yang digunakan yaitu SMAC (Social, Mobile, Analysis, dan Cloud) pada proyek sosial media. Platform media sosial menggunakan Instagram, Tiktok, dan Facebook sebagai alat promosi produk UMKM ADR Kids. Tools dalam konten dengan menggunakan Canva, Capcut, Google Drive, Google Spreadsheet, Microsoft Word, Mendeley, Power Point, dan Publish Or Perish. Jenis Tampilan konten dan fitur dalam perencanaan pembuatan konten antara lain product knowledge, edukasi, informasi, testimoni, dan interaksi. Hasil dari proyek media sosial sebagai leader menunjukkan kinerja dan manajemen tim yang efektif. Hal ini didasarkan pada penentuan visi dan misi, pembagian jobdesc tim, koordinator tim dan mitra, serta penilaian kinerja melalui KPI manajemen tim yang berpengaruh pada peningkatan jangkauan, dan keterlibatan pelanggan serta pertumbuhan penjualan UMKM ADR Kids. Dengan pengelolaan tim yang efektif, media sosial dapat menjadi alat pemasaran yang kuat bagi UMKM dalam menghadapi persaingan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
NIM/NIDN Creators: | 43121010202 |
Uncontrolled Keywords: | Social media leader/manager, Marketing strategy, Social Media Optimization, Increase Sales, Social media leader/manager, Marketing strategy, Social Media Optimization, Increase Sales, |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | RAUL ANDIKA KURNIAWAN |
Date Deposited: | 27 Mar 2025 03:12 |
Last Modified: | 27 Mar 2025 03:12 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/95107 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |