PEMANFAATAN BLOG KORPORAT SEBAGAI SALAH SATU MEDIA KOMUNIKASI BAGI PR PERUSAHAAN MANCANEGARA

SARI, NUNIEK TIRTA (2007) PEMANFAATAN BLOG KORPORAT SEBAGAI SALAH SATU MEDIA KOMUNIKASI BAGI PR PERUSAHAAN MANCANEGARA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABTSRAK)
03 ABSTRAKSI.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
04 Kata Pengantar.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
05 DAFTAR ISI.pdf

Download (83kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
06 BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[img] Text (BAB II)
07 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[img] Text (BAB III)
08 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[img] Text (BAB IV)
09 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)

Abstract

Untuk menyampaikan pesan kepada khalayak masyarakat informasi, sebaiknya PR tidak hanya mengandalkan media tradisional dari era tulisan, era cetak, maupun era telekomunikasi semata. Dibutuhkan media yang mampu menjawab kebutuhan era komunikasi interaktif, salah satunya adalah blog. Jika pada awalnya blog lebih banyak dimanfaatkan oleh individu (personal blog), pada perkembangannya kini blog juga dimanfaatkan oleh beberapa perusahaan mancanegara (corporate blog). Sayangnya, perkembangan tersebut hanya terjadi di luar negeri. Karena hingga saat tulisan ini diselesaikan, belum ada perusahaan di Indonesia yang memanfaatkan blog korporat sebagai salah satu media komunikasi dengan khalayaknya. Padahal beberapa penelitian terdahulu membuktikan bahwa telah banyak yang merasakan manfaat penggunaan blog korporat sebagai salah satu media komunikasi perusahaan. Atas dasar itulah penulis membuat penelitian mengenai gambaran umum pemanfaatan blog korporat sebagai salah satu media komunikasi bagi PR perusahaan mancanegara dalam upaya meningkatkan aspek komunikasi. Metode penelitian menggunakan pendekatan survey secara online yang ditujukan kepada responden pada suatu populasi dengan persyaratan tertentu yang dianggap mewakili pemilik / pengelola blog korporat mancanegara. Secara umum, hasil penelitian menunjukkan bahwa blog korporat telah dimanfaatkan secara luas oleh PR perusahaan mancanegara sebagai salah satu media komunikasi dengan khalayaknya, baik internal maupun eksternal. Pada aspek komunikasi internal, blog korporat paling sering dimanfaatkan untuk sarana informasi komunikasi proyek (project communication). Sementara pada aspek komunikasi eksternal, blog korporat paling sering dimanfaatkan untuk sarana informasi pengenalan / pemantapan nama (brand awareness / brand positioning)

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/HM. 07 115
NIM/NIDN Creators: 0420212-038
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: RIZKY MIJKA EDELWEIS
Date Deposited: 13 Mar 2025 04:13
Last Modified: 13 Mar 2025 04:13
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/94853

Actions (login required)

View Item View Item