HUBUNGAN ANTARA FEAR OF MISSING OUT (FOMO) DAN COMPULSIVE BUYING DENGAN HAPPINESS PADA PENGGUNA TIKTOK DEWASA AWAL

Fitrianingsih, Rahayu Nur (2025) HUBUNGAN ANTARA FEAR OF MISSING OUT (FOMO) DAN COMPULSIVE BUYING DENGAN HAPPINESS PADA PENGGUNA TIKTOK DEWASA AWAL. S1 thesis, Universitas Mercu Buana - Menteng.

[img] Text (COVER)
46119110052 - Rahayu Nur Fitrianingsih - 01 COVER - RAHAYU NUR FITRIANINGSIH.pdf

Download (566kB)
[img] Text (BAB I)
46119110052 - Rahayu Nur Fitrianingsih - 02 BAB 1 - RAHAYU NUR FITRIANINGSIH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[img] Text (BAB II)
46119110052 - Rahayu Nur Fitrianingsih - 03 BAB 2 - RAHAYU NUR FITRIANINGSIH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[img] Text (BAB III)
46119110052 - Rahayu Nur Fitrianingsih - 04 BAB 3 - RAHAYU NUR FITRIANINGSIH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[img] Text (BAB IV)
46119110052 - Rahayu Nur Fitrianingsih - 05 BAB 4 - RAHAYU NUR FITRIANINGSIH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[img] Text (BAB V)
46119110052 - Rahayu Nur Fitrianingsih - 06 BAB 5 - RAHAYU NUR FITRIANINGSIH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
46119110052 - Rahayu Nur Fitrianingsih - 08 DAFTAR PUSTAKA - RAHAYU NUR FITRIANINGSIH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
46119110052 - Rahayu Nur Fitrianingsih - 09 LAMPIRAN - RAHAYU NUR FITRIANINGSIH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara Fear of Missing Out (FoMO) dan Compulsive Buying terhadap kebahagiaan pengguna TikTok dewasa awal. FoMO merupakan perasaan cemas yang muncul ketika seseorang merasa ketinggalan informasi atau pengalaman yang menarik, sementara Compulsive Buying merujuk pada kecenderungan berbelanja yang tidak terkendali sebagai respons terhadap FoMO. Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Data yang digunakan berjumlah 246 orang (M=25.72) dengan jumlah laki-laki sebanyak 140 responden dan perempuan 106 responden dari hasil penyebaran kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa FOMO memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku Compulsive Buying, yang pada gilirannya dapat memengaruhi tingkat kebahagiaan pengguna TikTok. Walaupun Compulsive Buying dapat memberikan kepuasan sementara, namun pada akhirnya dapat mengurangi kebahagiaan jangka panjang pengguna, terutama jika berbelanja berlebihan menyebabkan penyesalan atau masalah finansial. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ada hubungan yang kompleks antara FoMO dan Compulsive Buying dengan kebahagiaan, yang perlu dipahami lebih lanjut untuk merumuskan intervensi yang dapat membantu mengurangi dampak negatif dari perilaku tersebut pada pengguna TikTok dewasa awal. This study aims to analyze the relationship between Fear of Missing Out (FoMO) and Compulsive Buying on the happiness of early adult TikTok users. FoMO is a feeling of anxiety that arises when someone feels they are missing out on interesting information or experiences, while Compulsive Buying refers to uncontrollable shopping tendencies in response to FoMO. This study uses a quantitative approach with a correlational method. The data used amounted to 246 people (M = 25.72) with 140 male respondents and 106 female respondents from the distribution of questionnaires. The results showed that FOMO has a significant influence on Compulsive Buying behavior, which in turn can affect the level of happiness of TikTok users. While Compulsive Buying can provide temporary satisfaction, it can ultimately reduce users' long-term happiness, especially if excessive shopping leads to regret or financial problems. This study concludes that there is a complex relationship between FoMO and Compulsive Buying and happiness, which needs to be further understood to formulate interventions that can help reduce the negative impact of these behaviors on early adult TikTok users.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 46119110052
Uncontrolled Keywords: FOMO, compulsive buying,Happiness (kebahagiaan) FOMO, compulsive buying, happiness
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: OKTAFIYANI AZ ZAHRO
Date Deposited: 07 Mar 2025 02:18
Last Modified: 07 Mar 2025 02:18
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/94691

Actions (login required)

View Item View Item