STUDI PERBAIKAN TANAH LUNAK MENGGUNAKAN KOMBINASI PVD DAN PRELOADING UNTUK MEMPERCEPAT PENURUNAN PADA EXIT TOLL KM 151 JALAN TOL PADALARANG - CILEUNYI

RIZKIYA, DENIRA PUTRI (2025) STUDI PERBAIKAN TANAH LUNAK MENGGUNAKAN KOMBINASI PVD DAN PRELOADING UNTUK MEMPERCEPAT PENURUNAN PADA EXIT TOLL KM 151 JALAN TOL PADALARANG - CILEUNYI. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf

Download (685kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB)
[img] Text (BAB II)
03 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (885kB)
[img] Text (BAB III)
04 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (742kB)
[img] Text (BAB IV)
05 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (888kB)
[img] Text (BAB V)
06 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB)

Abstract

Toll roads in Indonesia have become an alternative way of traveling for people who want to enjoy faster travel times compared to non-toll roads. One of the toll road constructions that will be carried out to facilitate road access is the KM 151 Padalarang - Cileunyi Toll Road Exit Access Road which will later facilitate the Jakarta - Bandung Tegalluar Fast Train Station. The condition of the subgrade for the construction of the toll road access has soft soil that is quite thick at a depth of 4 meters to 22 meters. This results in a fairly deep land subsidence if a Toll Road Exit is to be built at that location. Therefore, the use of Preloading with Prefabricated Vertical Drain (PVD) will be used to increase the bearing capacity of the soil. This Final Project begins with the collection of secondary data and literature studies. Furthermore, the stratigraphy of soil layers will be identified based on boring data. After that, the analysis was continued using Plaxis 2D to see the amount of subsidence and the length of consolidation time without treatment, with Prefabricated Vertical Drain (PVD) treatment and with preloading and Prefabricated Vertical Drain (PVD) treatment. After the analysis, it was found that the land subsidence without handling was 0.1630 m with 731 days, the land subsidence using PVD was 0.6127 m with 371 days, and the land subsidence using preloading and PVD was 0.09756 with 190 days. This proves that preloading and PVD accelerate the settlement time. Key words: Land subsidence; Preloading; PVD Jalan Tol di Indonesia sudah menjadi alternatif berpergian bagi masyarakat yang ingin menikmati waktu perjalanan lebih cepat dibandingkan jalan non tol. Salah satu pembangunan jalan tol yang akan dilakukan untuk mempermudah akses jalan adalah Jalan Akses Exit Toll KM 151 Jalan Tol Padalarang – Cileunyi yang nantinya akan memudahkan menuju Stasiun Kereta Cepat Jakarta – Bandung Tegalluar. Kondisi tanah dasar pembangunan akses jalan tol tersebut memiliki tanah lunak yang cukup tebal pada kedalaman 4 meter sampai 22 meter. Hal ini mengakibatkan penurunan tanah yang cukup dalam apabila di lokasi tersebut akan dibangun Exit Jalan Toll. Maka dari itu, penggunaan Preloading dengan Prefabricated Vertical Drain (PVD) akan dipakai untuk meningkatkan daya dukung tanah. Tugas Akhir ini dimulai dengan pengumpulan data sekunder dan studi literatur. Selanjutnya akan diidentifikasi statigrafi perlapisan tanah berdasarkan data boring. Setelah itu dilanjutkan analisis memakai Plaxis 2D untuk melihat besar penurunan dan lama waktu konsolidasi tanpa penanganan, dengan penanganan Prefabricated Vertical Drain (PVD) dan dengan penanganan preloading dan Prefabricated Vertical Drain (PVD). Setelah dilakukan Analisa, didapatkan penurunan tanah tanpa penanganan 0,1630 m dengan 731 hari, penurunan tanah dengan memakai PVD di dapat 0,6127 m dengan 371 hari, dan penurunan tanah dengan memakai preloading dan PVD di dapat 0,09756 dengan 190 hari. Hal ini membuktikan bahwa preloading dan PVD mempercepat waktu penurunan. Kata kunci: Penurunan tanah; Preloading; PVD

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/SIP. 25 031
NIM/NIDN Creators: 41123110094
Uncontrolled Keywords: Penurunan tanah; Preloading; PVD
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 155 Differential and Developmental Psychology/Psikologi Diferensial dan Psikologi Perkembangan > 155.9 Environmental Psychology/Psikologi Lingkungan > 155.96 Influence of Restrictive Environments/Pengaruh Lingkungan Perbatasan > 155.964 Subterranean Structures/Struktur Rahasia, Struktur Bawah Tanah
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 624 Civil Engineering/Teknik Sipil > 624.1 Structural Engineering and Underground Construction/Teknik Struktural dan Konstruksi Bawah Tanah
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 627 Hydraulic Engineering/Rekayasa Hidrolik > 627.1 Inland Waterways Engineering/Teknik Jalan Air di Pedalaman dan Air di Bawah Tanah
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 05 Mar 2025 08:08
Last Modified: 05 Mar 2025 08:08
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/94658

Actions (login required)

View Item View Item