HUBUNGAN ANTARA SELF PRESENTATION DENGAN HAPPINESS PENGGUNA INSTAGRAM GENERASI MILENIAL DI JAKARTA

PAMUNGKAS, RIRIH DWI (2025) HUBUNGAN ANTARA SELF PRESENTATION DENGAN HAPPINESS PENGGUNA INSTAGRAM GENERASI MILENIAL DI JAKARTA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana-Menteng.

[img] Text (COVER)
46119110122-RIRIH DWI PAMUNGKAS-01 COVER - Ririh Dwi.pdf

Download (528kB)
[img] Text (BAB I)
46119110122-RIRIH DWI PAMUNGKAS-02 BAB 1 - Ririh Dwi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB)
[img] Text (BAB II)
46119110122-RIRIH DWI PAMUNGKAS-03 BAB 2 - Ririh Dwi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[img] Text (BAB III)
46119110122-RIRIH DWI PAMUNGKAS-04 BAB 3 - Ririh Dwi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[img] Text (BAB IV)
46119110122-RIRIH DWI PAMUNGKAS-05 BAB 4 - Ririh Dwi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[img] Text (BAB V)
46119110122-RIRIH DWI PAMUNGKAS-06 BAB 5 - Ririh Dwi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (41kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
46119110122-RIRIH DWI PAMUNGKAS-07 DAFTAR PUSTAKA - Ririh Dwi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
46119110122-RIRIH DWI PAMUNGKAS-08 LAMPIRAN - Ririh Dwi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Setiap individu pada hakikatnya memiliki tujuan hidup yang sama yakni meraih kebahagiaan atau happiness. Happiness dianggap sangat penting karena merupakan tujuan akhir dalam sebuah perjalanan kehidupan. Happiness merupakan emosi positif yang kita rasakan dengan adanya perasaan gembira serta merasakan kepuasan dengan diri dan hidupnya. Seiring dengan perkembangan zaman, kita dapat memanfaatkan media sosial khususnya Instagram untuk meraih kebahagiaan tersebut. Bagaimana kita mendapatkan happiness tersebut ialah dengan presentasi diri atau self presentation yang nantinya kita akan mendapatkan feedback dari orang lain atasa apa yang kita presentasikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan antara self presentation dengan happiness pengguna Instagram generasi milenial. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan metode korelasional. Instrumen penelitian ini menggunakan alat ukur Oxford Happiness Questionnaire (OHQ), Self Presentation on Facebook Questionnaire (SPFBQ). Subjek dalam penelitian ni berjumlah 358 partisipan dengan kriteria generasi milenial pengguna Instagram. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai pengambilan datanya. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa self presentation memiliki hubungan dengan happiness pengguna Instagram, serta dimensi yang paling memiliki korelasi terkuat adalah real self dengan happiness. Hal tersebut memberikan insight bahwa ketika seseoang menampilkan real self atau jujur atas dirinya sendiri maka seseorang akan lebih merasakan perasaan happiness. Every individual essentially has the same life goal, whis is to achieve happiness. Happiness is considered very important because it is the ultimate goal in a life journey. Happiness is a positive emotion that we feel by feeling happy and feeling satisfied with ourselves and our lives. Alog with the time, we can utilize social media, especially Instagram, to achieve this happiness. How we get this happiness is by self presentation which later we will get feedback from other on what we present. This study aims to determine whether there is a relationship between self presentation and happiness of millennial Instagram user. This study uses quantitative methods with correlational methods. This research instrument uses the Oxford Happiness Questionnaire (OHQ) measuring instrument, Self Presentation on Facebook Questionnaire (SPFBQ). The subject in this study totaled 358 participants with the criteria of millennial generation Instagram users. This study used a questionnaire as data collection. The results of this study show that self presentation has a relationship with the happiness of Instagram users, and the dimension that has the strongest correlation is real self with happiness. This provides insight that when someone present a real self or is honest about themselves, someone will fell more feeling of happiness.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 46119110122
Uncontrolled Keywords: Self Presentation, Happiness, Millenial Generation, Instagram User Self Presentation, Happiness, Generasi Milenial, Pengguna Instagram
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: RAUL ANDIKA KURNIAWAN
Date Deposited: 05 Mar 2025 04:50
Last Modified: 05 Mar 2025 04:50
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/94649

Actions (login required)

View Item View Item