ILHAM, MUHAMMAD FAUZAN (2025) HUBUNGAN ANTARA ACADEMIC-ROMANTIC BALANCE DENGAN PERFORMA AKADEMIK PADA SISWA DAN MAHASISWA. S1 thesis, UNIVERISTAS MERCU BUANA - BUNCIT.
|
Text (COVER)
46121010099 - Muhammad Fauzan Ilham - 01 Cover.pdf Download (768kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB 1)
46121010099 - Muhammad Fauzan Ilham - 02 BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (281kB) |
|
![]() |
Text (BAB 2)
46121010099 - Muhammad Fauzan Ilham - 03 BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (300kB) |
|
![]() |
Text (BAB 3)
46121010099 - Muhammad Fauzan Ilham - 04 BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (343kB) |
|
![]() |
Text (BAB 4)
46121010099 - Muhammad Fauzan Ilham - 05 BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (435kB) |
|
![]() |
Text (BAB 5)
46121010099 - Muhammad Fauzan Ilham - 06 BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (209kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
46121010099 - Muhammad Fauzan Ilham - 07 Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (287kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
46121010099 - Muhammad Fauzan Ilham - 08 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan signifikan antara kedua variabel academic-romantic balance dengan performa akademik, khususnya pada kelompok siswa dan mahasiswa di wilayah Jabodetabek. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain korelasional. Sampel diambil secara non-probability dengan metode quota sampling, melibatkan 384 responden yang berusia 13-25 tahun. Responden terdiri dari 119 laki-laki (31%) dan 265 perempuan (69%), yang meliputi siswa SMP, SMA, serta Strata 1 (S1). Penentuan jumlah sampel dilakukan berdasarkan analisis G*Power dengan alpha error probability sebesar 0,05, effect size 0,3, dan statistical power 0,95 (95%). Instrumen penelitian menggunakan kuesioner daring dan terjun langsung ke lokasi, yang disusun berdasarkan adaptasi alat ukur work-life balance (Yusuf, 2018) untuk academic-romantic balance dan students’ academic performance (Zahrani & Oommen, 2022) untuk performa akademik. Hasil penelitian menunjukkan hubungan positif yang signifikan antara academic-romantic balance dan performa akademik, dengan nilai korelasi r = 0,62 (p < 0,05). Kesimpulan dari penelitian ini bahwa academic-romantic balance memiliki salah satu peran dalam mendukung pencapaian akademik, perlunya penelitian lebih lanjut untuk terus mengembangkan academic-romantic balance dengan performa akademik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
NIM/NIDN Creators: | 46121010099 |
Uncontrolled Keywords: | skala keseimbangan akademik-romantis, performa akademik, pacaran, siswa, mahasiswa, hubungan romantis |
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 120 Epistemology/Epistemologi 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 120 Epistemology/Epistemologi > 122 Causation/Hubungan Sebab Akibat 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 158 Applied Psychology/Psikologi Terapan > 158.2 Interpersonal Relations/Hubungan Antar Individu |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Nasruddin Mansyur S.Hum |
Date Deposited: | 18 Feb 2025 07:58 |
Last Modified: | 18 Feb 2025 07:58 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/94313 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |