PERUBAHAN PERILAKU SUBSCRIBER ATAS PESAN EDUKASI KESEHATAN KULIT WAJAH PADA CHANNEL YOUTUBE JEMIMA LIVIA BAGI REMAJA (JAKARTA BARAT)

NABILA, NESYA (2025) PERUBAHAN PERILAKU SUBSCRIBER ATAS PESAN EDUKASI KESEHATAN KULIT WAJAH PADA CHANNEL YOUTUBE JEMIMA LIVIA BAGI REMAJA (JAKARTA BARAT). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (594kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[img] Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[img] Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[img] Text (BAB IV)
05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (645kB)
[img] Text (BAB V)
06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (864kB)

Abstract

This research is motivated by the importance of educating teenagers in West Jakarta about facial skincare, as they often face skin problems due to using skincare products without adequate understanding. The content on the YouTube account of beauty influencer Jemima Livia provides skincare education in an engaging and relevant manner for teenagers. Her review style includes product reviews, tutorials, and skincare tips tailored to different skin needs to promote healthy facial skin. Through her content, Jemima Livia has successfully captured teenagers' attention with a delivery style that resonates with the skin issues they face. This study employs a qualitative approach with a descriptive method to analyze subscriber activities in understanding and applying the skincare education provided by Jemima Livia. Grounded in the post-positivism paradigm, this approach and method were chosen to describe information from various data sources, expert opinions, and observations from interview results as supporting data for this research. The findings reveal significant similarities in the informants' respons es to Jemima Livia's content, where they could interpret the messages effectively and experience a significant impact in terms of cognitive, affective, and conative aspects. The researcher concludes that education through YouTube serves as an effective medium to raise teenagers' awareness about the importance of understanding their skin needs before using skincare products. Keywords: Jemima Livia, Skincare, YouTube, Education. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya edukasi mengenai perawatan kulit wajah bagi remaja di Jakarta Barat yang sering kali menghadapi masalah kulit akibat penggunaan produk skincare tanpa pemahaman yang cukup. Konten pada akun YouTube beauty influencer Jemima Livia memberikan edukasi terkait perawatan kulit wajah yang disajikan secara menarik dan relevan dengan kebutuhan remaja. Dengan gaya penyampaian review yang ia lakukan mencangkup ulasan produk, tutorial, serta tips perawatan kulit dengan informasi yang menyesuaikan kebutuhan kulit untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Melalui konten yang disajikan, Jemia Livia berhasil menarik perhatian remaja dengan gaya penyampaian yang menarik dan relevan dengan masalah kulit yang dialami. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif untuk menganalisis peubahan perilaku subscriber dalam memahami dan mengaplikasikan edukasi yang diberikan oleh Jemima Livia. Penelitian ini berlandaskan pada paradigma post positivisme, alasan peneliti memilih pendekatan dan metodei ini untuk mendeskripsikan informasi dari berbagai sumber data, pendapat ahli dan berdasarkan observasi hasil wawancara sebagai data pendukung dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan banyak kesamaan mengenai tanggapan informan terkait konten Jemia Livia dimana para informan dapat menginterpretasikan dan memiliki dampak yang signifikan berdasarkan sifat Kognitif, Afektif, Konatif yang dimiliki pada akun YouTube Jemima Livia. Peneliti menyimpulkan bahwa edukasi yang dilakukan melalui YouTube, menjadi media efektif untuk meningkatkan kesadaran remaja akan pentingnya memahami kebutuhan kulit sbeelum menggunakan produk. Kata Kunci: Jemima Livia, Skincare, YouTube, Edukasi.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 25 046
NIM/NIDN Creators: 44221010017
Uncontrolled Keywords: Jemima Livia, Skincare, YouTube, Edukasi.
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 155 Differential and Developmental Psychology/Psikologi Diferensial dan Psikologi Perkembangan > 155.9 Environmental Psychology/Psikologi Lingkungan > 155.91 Influence of Physical Environment and Conditions/Pengaruh Lingkungan dan Kondisi Fisik > 155.916 Influence of Injuries, Diseases, Physical Disabilities, Disfigurements/Pengaruh Cedera, Penyakit, Cacat Fisik
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 350 Public Administration and Military Science/Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran > 353 Specific Field of Public Administration/Administrasi Negara yang Membawahi Bidang Khusus, Departemen > 353.6 Administration of Health Services/Departemen Kesehatan (Depkes)
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 12 Feb 2025 05:02
Last Modified: 12 Feb 2025 05:02
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/94149

Actions (login required)

View Item View Item