Kompetensi Komunikasi Pemecahan Masalah oleh Pengurus dan Anggota Paduan Suara Universitas Mercu Buana

NURCHOLISHAH, DINDA (2025) Kompetensi Komunikasi Pemecahan Masalah oleh Pengurus dan Anggota Paduan Suara Universitas Mercu Buana. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (495kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB)
[img] Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[img] Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB)
[img] Text (BAB IV)
05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (961kB)
[img] Text (BAB V)
06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (822kB)

Abstract

Communication competence is a person's ability to communicate effectively. This study aims to determine the competence of problem-solving communication by administrators and members of the Mercu Buana Student Choir. The method used is qualitative with case study method. The theory used is Spitzburg B.H theory about six elements of communication competence which include adaptability, conversation involvement, conversation management, empathy, effectiveness, and suitability. Data collection was done through observation and in-depth interviews with ten informants who are administrators and members of the Universitas Mercu Buana Student Choir. The results of this study indicate that communication competence through include adaptability, conversation involvement, conversation management, empathy, effectiveness, and suitability, contributes to improving organizational performance. In addition, this study also found that effective communication can build stronger relationships between members, support the formation of motivation, and facilitate the achievement of organizational goals even in difficult situation. Keywords : Communication Competence, Problem Solving, UKM, Choir, Student Organization Kompetensi komunikasi merupakan kemampuan seseorang untuk berkomunikasi secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi komunikasi pemecahan masalah oleh pengurus dan anggota Paduan Suara Mahasiswa Universitas Mercu Buana. Metode yang digunakan adalah kualitatif studi kasus dengan teori Spitzburg B.H mengenai enam elemen kompetensi komunikasi yang meliputi kemampuan beradaptasi, keterlibatan percakapan, manajemen percakapan, empati, efektivitas, dan kesesuaian. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara mendalam dengan sepuluh informan yang merupakan pengurus dan anggota Paduan Suara Mahasiswa Universitas Mercu Buana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi komunikasi melalui kemampuan beradaptasi, keterlibatan percakapan, manajemen percakapan, empati, , efektivitas, dan kesesuaian berkontribusi terhadap peningkatan kinerja organisasi. Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa komunikasi yang efektif dapat membangun hubungan yang lebih kuat antar anggota, mendukung terbentuknya motivasi, dan mempermudah pencapaian tujuan organisasi meskipun dalam keadaan yang sulit. Kata Kunci : Kompetensi Komunikasi, Pemecahan Masalah, UKM, Paduan Suara, Organisasi Mahasiswa

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 25 010
NIM/NIDN Creators: 44221010018
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Komunikasi, Pemecahan Masalah, UKM, Paduan Suara, Organisasi Mahasiswa
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.4 Specific Fields of Accounting/Bidang Akuntansi Tertentu > 657.45 Auditing/Audit
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.6 Quality Management/Manajemen Kualitas
800 Literatures/Kesusastraan > 800. Literatures/Kesusastraan > 808 Rhetoricand Collections of Literary/Retorik, Retorika dan Kumpulan Karya Sastra > 808.5 Rhetoric of Speech/Retorik Pidato > 808.55 Choral Speaking/Paduan Suara
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 18 Jan 2025 06:43
Last Modified: 20 Jan 2025 04:44
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/93605

Actions (login required)

View Item View Item